16 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Belajar Agribisnis Hortikultura di Sleman, FK Gapoktan Ajak Petani Padarincang Studi Banding

Studi Banding di Sleman | Sumber Foto:Istimewa

Sinar Tani, Sleman – Forum Komunikasi Gabungan Kelompok Tani (FK-GAPOKTAN) yang mewadahi para petani, Poktan dan Gapoktan dibawah Bimbingan Penyuluh Pertanian Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang Provinsi Banten melakukan kegiatan Study Banding ke Perhimpunan Petani Hortikultura Puncak Merapi (PPHPM) Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Kami mengajak Petani Padarincang untuk belajar dan melihat secara langsung proses kegiatan agribisnis pertanian yang di kelola oleh PPHPM Sleman dari proses kegiatan hulu hingga pengelolaan pasca panen dan pemasaran produk pertanian, “sebut Penyuluh Pertanian Ahli Kabupaten Serang, Hanip Muslim.SP kepada tabloidsinartani.com.

Seperti diketahui, hortikultura di Kabupaten Sleman memiliki potensi yang besar, terutama di wilayah lereng Gunung Merapi.

Potensi pertanian hortikultura tersebut diantaranya terdapat komoditas unggulan yang strategis seperti, cabai, dan sayuran sayuran yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

“Sehingga, dengan kegiatan study banding ini, diharapkan para petani yang termasuk dalam kelembagaan petani yang ada di bawah binaan BPP padarincang seperti kelompok tani maupun Gapoktan sebagai kelembagaan tani mampu membentuk Asosiasi Maupun Koorporasi sebagai lembaga yang mampu mewadahi kegiatan Agribisnis, “ tuturnya.

Kegiatan tersebut mulai dai pelayanan kebutuhan sarana produksi hingga pengelolaan pasca panen dan pemasaran produk pertanian di Kecamatan Padarincang sehingga bisa mempunyai daya tawar yang mampu bersaing dengan pasar Agribisnis di wilayah lainnya..

 

 

Reporter : Hanip

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini