21 Februari 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Asah Trampil, Cara DPD Perhiptani Kota Tegal Tingkatkan Gairah Petani

Sinar Tani, Tegal — Ada yang berbeda dalam menyambut Kemerdekaan RI Ke 78 yang dilakukan DPD Perhiptani Kota Tegal. Mereka mengadakan kegiatan asah trampir yang sudah jarang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan para penyuluh pertanian dari 4 Kecamatan di Kota Tegal.

Dalam kegiatan yang digelar Selasa, (22/8),  Koordinator Penyuluh Pertanian, yang juga Ketua DPD Perhiptani  Kota Tegal, Iswari Gunartiningsih mengatakan bahwa, kegiatan ini bertujuan agar para pelaku utama, yang terdiri dari petani, peternak dan Wanita Tani termotivasi dan lebih bersemangat dalam melakukan usaha taninya. Kedepan diharapkan dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraan para pejuang pertanian tersebut.

Lebih lanjut Iswari mengatakan bahwa pada kegiatan Gelar Hasil Tani. dan Lomba Asah Terampil ini melibatkan 27 Kelompok Tani, 11 Kelompok Wanita Tani, beberapa Kelompok Tani Ternak dan KTNA yang berasal dari 4 kecamatan di Kota Tegal.

Untuk menambah greget para peserta, panitia juga mengundang Ketua DPW Perhiptani Provinsi Jawa Tengah, Ketua KTNA Provinsi Jawa Tengah, disamping tentu saja Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal, BPBD, BRI Cabang, para tokoh terkemuka dan para senior pensiunan Penyuluh Pertanian.

Dalam sambutan pembukaan Warsana, SP, Msi, MP menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada DPD Perhiptani Kota Tegal. Karena kegiatan “Asah Terampil” , yang sangat berguna untuk membangkitkan semangat belajar  petani, dan sempat sangat popular pada era 90 an, sekarang tidak lagi banyak diselenggarakan.

Satu-satunya daerah kota dan kabupaten se Jawa Tengah, hanyalah Kota Tegal ini yang menyelenggarakannya kembali. Dan ternyata sambutan para pelaku utama sangat antusias dan menggembirakan.

”Yang telah dilakukan teman-teman di Kota Tegal  ini  menginspirasi kami untuk mempertimbangkan penyelenggaraan kegiatan serupa di tingkat provinsi Jawa Tengah” tambahnya.

Baca Juga :   Panen Jagung, SLI Wujudkan Ketahanan Pangan Kabupaten Takalar

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal, Sirat Mardanur, SP,MSi menyambut baik kegiatan ini. Sirat Mardanur juga mengundang Kepala Puskesmas setempat untuk mendukung pencegahan stunting .

“ Ayo kita hilangkan sekat-sekat ego sektoral. Disamping kita mengerjakan tugas-tugas sektor pertanian, kita, juga sedang mendukung program pencegahan stunting”

Asah terampil yang dipandu oleh seorang Penyuluh Pertanian BPP”Margadana” diikuti oleh 4 Tim. Tim A dari Kecamatan Margadana, Tim B dari Kecamatan Tegal Barat, Tim C dari Kecamatan Tegal Timur dan Tim D dari Kecamatan Tegal Selatan.

Bertindak sebagai juri lomba Warsana, Ketua DPW Perhiptani Provinsi Jateng, Iswari Gunartiningsih, Ketua DPD Perhitani Kota Tegal dan Wakil Ketua KTNA provinsi Jateng, Munaji.

Setelah menempuh waktu hampir 2 jam, ketika tim-tim peserta lomba selesai mencoba menjawab  pertanyaan-pertanyaan, kejar mengejar nilai, munculah pemenang lomba, dengan selisih nilai tipis.

Sebagai pemenang pertama adalah Tim C dari Tegal Timur dengan mengumpulkan nilai 1550, pemenang ke dua Tim A dari Margadana dengan nilai 1500, pemenang ketiga Tim D dari Tegal Selatan dengan nilai 1250  dan pemenang harapan Tim B dari Tegal barat.dengan nilai 1150.

Gelar hasil Tani yang dilakukan di halaman sebelah timur, terdiri dari 20 stand pameran. Para seserta memajang hasil produksi mereka, berupa hasil olahan hasil tanaman,    misalnya kripik bayam, olahan jamur; jamu-jamu an; olahan ikan, misalnya bandeng presto, bebagai  ikan asin, olagan hasil ternak. misalnya telur asin,

Peserta kabanyakan dari KWT yang tersebar di Kota tegal. Ada juga perusahaan yang menawarkan pupuk organik, pupuk pabrikan dan pompa air tenaga surya.

Para peserta menyampaikan senang dengan adanya kegiatan tersebut. Mereka mengharapkan pada tahun-tahun mendatang dapat diselenggarakan lagi.

Reporter : Djoko w

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini