16 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

BPS Sidrap Gelar Sosialisasi Sensus Pertanian

Sinar Tani, Sidrap — Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sidrap gelar sosialisasi Sensus Pertanian Tahun 2023 (ST 2023) di Ballroom Al-Goni Hotel Grand Sidny, Selasa (13/6).

Sosialisasi ST 2023 BPS Sidrap menghadirkan narasumber Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Sidrap, Semuel Kaba, Kepala BPS Sidrap, Naharuddin Supu, Kabid Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Sidrap, Arif Gunawan.

Kegiatan sosialisasi ST 2023 dengan tema “Mencatat Pertanian Indonesia Untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani”, dihadiri beberapa perwakilan OPD terkait,  para camat, lurah, kepala desa serta KTNA se-Kabupaten Sidrap.

Kegiatan dibuka dengan menampilkan video arahan Presiden Joko Widodo saat  secara resmi membuka pelaksanaan Sensus Pertanian (ST 2023) beberapa waktu lalu.

Jokowi mengatakan, sensus pertanian sangat penting dilakukan guna mendapatkan data (pertanian) yang akurat sehingga dapat memutuskan sebuah kebijakan yang tepat.

Ia pun meminta seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian menyukseskan sensus ini yang dilaksanakan dari 1 Juni sampai 30 Juli.

“Saya minta seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian dapat mensukseskan sensus ini. Semoga 2 bulan selesai dan setelah itu kita mendapatkan sebuah data yang akurat dan berkualitas,” ujar Jokowi.

Sementara Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dalan videonya mengimbau seluruh bupati/walikota, camat, lurah dan kepala desa agar memfasilitasi BPS dalam mensukseskan agenda besar sensus pertanian 2023.

“Mari kita terima petugas sensus dengan memberikan data yang jujur,” harapnya.

Sementara Kepala BPS Kabupaten Sidrap, Naharuddin Supu menyebutkan total jumlah petugas SP 2023 di Kabupaten Sidrap sebanyak 346 orang yang terdiri dari petugas pendata 280, pemeriksa 55 orang, koseka 11 orang.

Reporter : Suriady

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini