15 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Jambore Penyuluh Pertanian, Gubernur Sulsel Apresiasi Kerja Penyuluh

Sinar Tani, Bone — Kinerja Penyuluh Pertanian Sulawesi Selatan mendapat apresiasi Gubernur Andi Sudirman Sulaiman pada kegiatan Jambore Penyuluh Pertanian yang digelar di Bakungnge, Desa Mappesangka Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Dalam kegiatan Jambore Penyuluh yang diikuti seluruh balai penyuluh pertanian di 24 kabupaten kota di Sulsel, Gubernur Andi mengapresiasi peran penting penyuluh pertanian yang sudah bekerja sebaik-baiknya yang menjadikan Sulawesi Selatan salah satu provinsi terbaik ketahanan pangan nasional.

“Teman teman penyuluh sudah bekerja sangat baik dalam setahun kemarin, sebagai kegiatan refresh kita berkumpul dengan teman teman penyuluh di sini,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Gubernur mengucapkan rasa syukur karena berkat kerja keras petani dan penyuluh pertanian, stok beras Sulawesi Selatan menjadi stok tertinggi nasional 2,8 juta beras dan juga terbaik ketahanan pangan nasional.

Andi Sudirman menyebutkan, tahun 2022, Sulsel surplus beras mencapai 2.08 juta ton dan tercatat mampu berkontribusi sebanyak 25 persen untuk stok beras nasional.

Pada tahun tersebut, produksi beras Sulsel sebanyak 3,08 juta ton, naik 154.700 ton atau 5,29 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 2,92 juta ton.

Pada kesempatan itu, Andi Sudirman Sulaiman juga menyebutkan, Pemprov Sulsel juga fokus memasarkan kopi lokal di Sulsel.

“Targetnya, tentu pasar internasional. Kita punya komoditas kopi yang layak jual. Ada kopi Toraja, Kopi Bontocani dan Kopi Tellu Limpoe,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadis TPHP Kabupaten Bone HA Asman Sulaiman menambahkan, jambore penyuluh menjadi motivasi bersama untuk mengabdi kepada masyarakat.

“Mereka ini kan perpanjang tangan pemerintah untuk membantu para petani guna menghasilkan produk pertanian yang unggul,” ujar Andi Asman.

Reporter : Suriady

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini