14 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Kolaborasi Untuk Kemajuan Pertanian Era Digitalisasi

Sinar Tani, Pematang Siantar — Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatra Utara melaksanakan evaluasi penyuluhan Pertanian. Hal ini dilakukan untuk meningkatakn peran penyuluh dalam mempertahankan swasembada pangan.

Kegiatan yang digelar selama 2 hari di Hotel Horizon Pematang Siantar ini menjadi salah satu ajang untuk mengevaluasi peran para penyuluh pertanian di Sumatra Utara.

Disampaikan  Kabid Penyuluhan Dinas TPHSU, Sutarman SE, MM, bahwa pasca pertemuan evaluasi akan ditindak lanjuti dengan usulan program kerja guna peningkatan kapasitas penyuluhan pertanian guna mempertahankan swasembada pangan yang berkelanjutan.

Sementara itu Kepala Dinas TPHSU, Ir Hj Lusyantini mengatakan bahwa penyuluh harus mampu menyesuaikan diri di era digital.

“Belajar dalam penyuluhan untuk memotivasi dalam memberikan inovasi guna peningkatan produksi pertanian dan peningkatan pendapatan petani,” ujarnya.

Lusyantini juga menyampaikan dengan keterbatasan tenaga penyuluh, maka diperlukannya melibatkan penyuluh pertanian swadaya dan KTNA

Saat ini Sumatera Utara memiliki 4327 PPL, baik PPL ASN, PPPK, THL-APBN, THL- APBD dan penyuluh swadaya.

“Karena akan banyak PPL ASN Purnabakti. maka dari itu kita harus mempersiapkan sumber daya manusia yang siap berbuat untuk masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Perhiptani Sumut yang juga Bupati Serdang Bedagai 2021, Ir H Soekirman menyampaikan keberadaan Penyuluh merupakan bagian integral dalam pemajuan Pertanian.

Soekirman menambahkan perkembangan digitalisasi telah menunjang penyuluhan modern yang mengedepankan kolaborasi para pihak ( THL-TB, P3K, PNS, dan Penyuluh Swadaya).

“Para pihak Komisi Penyuluh, Perpadi, KTNA, P3SI, dan  Dinas TPH akan melanjutkan kerjasama yang merupakan 11 rekomendasi evaluasi Penyuluh di P.Siantar” jelasnya.

Soekirman juga mengungkapkan dimensi kedepan yang dituju dalam pengembangan Penyuluh adalah mengembangkan diri menjadi fasilitator, formulator, Innovator hingga menjadi konsultant pertanian.

Baca Juga :   Sosialisasi Perisai Untuk Penyuluh, BPJamsostek Gandeng Perhiptani Luwu Utara

Dalam pertemuan evaluasi, BPSDMP kemenetrian Pertanian diwakili Ir Wayan Ediana MSi. dan  juga  dihadiri ketua KTNA Sumut, Perpadi dan P3SI dan Penyuluh Pertanian Kabupaten Simalungun dan Pematang Siantar.

Reporter : Istansu

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini