16 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Lomba Asah Terampil, Dinas Pertanian Luwu Utara Tingkatakan Kapasitas Poktan

Sinar Tani, Luwu Utara — Tingkatkan kemampuan dan pengetahuan kelompok tani, Dinas Pertanian Luwu Utara menggelar Lomba Asah Terampil antar kelompok Tani Se- Kabupaten Luwu Utara. Kegiatan yang dibuka Bupati Luwu Utara , Indah Putri Indriani ini sekaligu memeriahkan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kita tidak ingin para petani di Kabupaten Luwu Utara terus berkutat dengan cara-cara dan metode pertanian konvensional atau pertanian lama, sementara perubahan dan konsep pertanian terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu apalagi di era digitalisasi. Petani kita dituntut untuk menguasai dan memahami tekhnologi agar mampu berdaya saing,” kata Indah.

Untuk menjadi seorang penyuluh dan petani yang profesional, handal dan berkualitas, lanjut Indah, pendidikan dan pelatihan menjadi hal yang penting dan menjadi syarat mutlak  bagi seorang penyuluh maupun petani.

“Sumber daya manusia tidak akan tercipta dengan sendirinya, tapi dibutuhkan sebuah proses pendidikan formal dan non formal terus menerus sejalan dengan kemajuan teknologi dan informasi serta paket-paket teknologi yang menguntungkan bagi petani dan keluarga,” pinta bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Indah juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk dapat menjadikan lomba asah terampil ini menjadi ajang pengembangan diri, tukar pikiran, menukar informasi dan saling memberikan apresiasi sekaligus membangun kemitraan.

Karena hal ini sangat diperlukan dalam membangun kolaborasi khususnya dan membangun sektor pertanian yang semakin handal serta semakin maju.

“Keterampilan ini bukan milik mereka yang berbakat seni saja, tetapi semua orang bisa dan mampu. Yang dibutuhkan untuk menguasai sebuah keterampilan adalah kesabaran, ketekunan, dan kemauan untuk bisa melakukannya sampai berhasil.

Selamat bertanding untuk semua,” tutup isteri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi ini.

Baca Juga :   Lahirnya KEP dari SL IPDMIP

Reporter : Suriady

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini