5 Maret 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Peringati Hari Tani, Perhiptani Lombok Tengah Gelar Hari Bakti Penyuluh Pertanian

Perhiptani Lombok Tengah Gelar Hari Bakti Penyuluh Pertanian

SINARTANI, Lombok Tengah — Bertepatan dengan Hari Tani Nasional pada tanggal 24 September 2022,  Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Kabupaten Lombok Tengah menyelenggarakan kegiatan Hari Bakti Penyuluh Pertanian di desa Aiq Berik Kecamatan Batukliang Utara.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Lombok Tengah H. Lalu Fathul Bahri, S.IP,  DPW PERHIPTANI NTB, Komisi Penyuluhan Lombok Tengah, Kepala Dinas Pertanian Lombok Tengah, DPC PERHIPTANI dan Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Lombok Tengah.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Lombok Tengah  menyampaikan tentang peran stategis para penyuluh pertanian dalam menjaga stabilitas nasional yakni pemenuhan kebutuhan pangan pokok.

Menurut pria yang mengklaim dirinya pernah menjadi ketua kelompok tani ini,  salah satu wujud peran strategis para penyuluh pertanian adalah membina petani mulai dari budidaya sampai pemasaran, serta bersinergi dengan semua stake holder  terkait, diantaranya pemerintah desa secara desa merupakan basis kegiatan penyuluhan.

Lebih jauh, Lalu Fathul Bahri memaparkan prospek pertanian di masa depan terkait dengan berbagai event dunia yang akan diselenggarakan di Kabupaten  Lombok Tengah seperti WSBK, motor cross dan Moto GP dimana event-event tersebut akan menyedot kunjungan wisatawan  lokal maupun mancanegara yang notabene membutuhkan konsumsi dengan berbagai produk pangan, hortikultura dan peternakan.

“Saya menjamin keberpihakan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah kepada para petani melalui program Asuransi Usaha Tani Maiq Meres,: tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah Taufikurrahman Pua Note, S. Pt, M.Sc., M.Eng  meminta agar jajaran penyuluh pertanian di Kabupaten Lombok Tengah saling bahu membahu dan bersinergi menjalankan visi misi Kementrian Pertanian untuk mewujudkan pertanian Indonesia  yang maju, mandiri dan modern.

Karena apapun program yang dicanangkan pemerintah, penyuluh pertanian kuncinya. Selanjutnya Kepala Dinas Pertanian berharap para penyuluh pertanian menjadi teman diskusi para petani dalam merencanakan kegiatan usaha taninya sehingga para penyuluh dapat menjadi problem solver atas masalah-masalah yang di hadapi oleh para petani.

Baca Juga :   Tertunda Pandemi, Musda DPD PERHIPTANI Klaten Kukuhkan Suhargo Jadi Ketua

Pada kesempatan yang sama ketua DPD PERHIPTANI Kabupaten Lombok Tengah, H. Saprudin, SP, M.Si berharap hari bakti penyuluh pertanian menjadi momentum bagi para penyuluh pertanian untuk meneguhkan keyakinan akan peran utama kegiatan penyuluhan sebagai sarana  transformasi pengetahuan petani dalam mengadopsi teknologi yang terbaru sehingga produksi dan  kesejahteraan petani semakin meningkat. Zulaeha

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini