25 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Persiapan PENAS, Pemprov Berikan Pembekalan Kontingen KTNA Jateng

Sina Tani, Semarang — Menyambut PENAS XVI  tahun 2023 yang akan diselenggarakan pada 10 – 15 Juni 2023 di Padang Sumatra Barat, KTNA Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan kontingen sejak awal. Kontingen KTNA Jawa Tengah mendapat pembekalan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Biro ISDA (Infrastruktur dan Sumber Daya Alam).

Sebagaimana pelaksanaan kegiatan Penas tahun sebelumnya, pada PENAS XVI Tahun 2023 KTNA Provinsi Jawa Tengah, yang didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah, telah memutuskan  akan mengirimkan kontingen sebagai peserta dalam ajang nasional tersebut.

Kontingen  Jawa Tengah akan mengikuti berbagai  agenda di ajang PENAS  baik yang merupakan lomba yaitu : Temu Karya, Asah terampil dan  Unjuk Tangkas serta non lomba yaitu Peragaan dan Karya Wirausaha.

Sebagai langkah persiapan agar dapat dengan lancar mengikuti berbagai  kegiatan diajang PENAS  XVI Tahun 2023 tersebut, dibutuhkan adanya pelatihan dan pembekalan materi baik yang berupa lomda maupun penampilan dan peragaan.

Adanya persiapan yang matang diharapkan bisa memberikan prestasi yang terbaik untuk Kontingen PENAS Provinsi Jawa Tengah. Sebagaimana  diketahui dalam PENAS tahun-tahun sebelumnya Kontingen Provinsi Jawa Tengah bisa tampil cukup  baik pada even lomba maupun non lomba.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Biro ISDA (Infrastruktur dan Sumber Daya Alam) telah menyelenggarakan pembekalan peserta PENAS pada hari Senin – Selasa, tanggal 22 – 23 Mei 2023.

Pembekalan tersebut berlangsung  di Ruang Pertemuan Gedung B Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Jl. Jend Gatot Subroto Tarubudaya Ungaran.

Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam, Dadang Somantri,  berharap agar para peserta dapat menjaga diri dengan baik,  utamanya dalam menjaga kesehatan sehingga bisa mengikuti setiap rangkaian kegiatan PENAS dengan baik.

Baca Juga :   Kembangkan Wirausaha Pertanian, Kementan selenggarakan Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh

Dalam acara pembekalan tersebut calon kontingen didampingi oleh Nara Sumber dari instansi-instansi  provinsi yaitu : BSIP (Balai Standarisasi Instrumen Pertanian Jawa Tengah (BSIP), Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan dan dinas Perikanan dan Kelautan

Beberapa materi pembekalan antara lain Karya Wira Usaha, yaitu Pengolahan Bawang Merah dan Olahan Batang Pisang. Temu Karya, akan menampilkan Energi Terbarukan untuk Optimalisasi dan Efisiensi Pertanian.

Materi untuk Unjuk Tangkas, akan mengikuti Geotagging, Tebak Kopi, Sambung Pucuk, Tebak Kayu dan Aquaponik, Asah Terampil, dan Peragaan, akan menampilkan Potensi Sel untuk Biosaka.

Kecuali kegiatan teknis pertanian tersebut Kontingen Jawa Tengah juga akan menampilkan Gelar Seni Budaya yang berupa Tari Kebo Kinul yang merupakan tarian identitas Kabupaten Sukoharjo yang dikolaborasikan dengan tarian Mendong dari Boyolali. Tim Tari sejumlah 14 orang seluruhnya anggota KTNA dari Kabupaten  Sukoharjo yang secara rutin sudah melakukan Latihan secara mandiri.

Dalam bidang olah raga kontingen Jawa Tengah akan menampilkan Senam identitas gerak dan sorak. Tak ketinggalan KTNA juga sudah menyiapkan materi hasil pertanian unggulan tiap daerah untuk ditampilkan dalam acara pameran.

 

Reporter : Djoko w

 

 

 

 

 

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini