5 Maret 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

UPT PTP Sulsel Gelar Bimtek & Gerdal OPT Di Sidrap.

Sinar Tani, Sidrap — UPT Proteksi Tanaman Perkebunan (PTP) Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura & Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) dan Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (Gerdal OPT) di Kecamatan Pitu Riase Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan.

Hal tersebut dilakukan setelah UPT PTP Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura & Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan melakukan koordinasi dan konsultasi tentang pengelolaan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) dengan Balai Besar Perbenihan & Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP).

Kegiatan dilaksanakan di 3 Desa Sekaligus yaitu Desa Buntu Buanging, Desa Dengeng-Dengeng dan Desa Belawae. Sasaran dari kegiatan ini adalah Tanaman Lada & cengkeh yang menurut keterangan petani setempat sering terserang penyakit.

Sebagai respon atas masalah tersebut, UPT Proteksi Tanaman Perkebunan langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Setempat untuk melaksanakan kegiatan Bimtek dan Gerdal OPT.

Kepala UPT Proteksi Tanaman Perkebunan, Uvan Nurwahidah beserta Kepala Seksi Peramalan OPT/DPI, Junaidi tahir serta Kepala Seksi Pengendalian OPT/DPI Muh Idris turun langsung terlibat sekaligus memberikan pendampingan pada Kegiatan Bimtek & Gerdal ini yang digelar oleh UPT PTP ini mendapat respon yang sangat baik dari Pemerintah Setempat.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan Kab. Sidrap, Ibrahim , Camat Pitu Riase Mukti Ali, Serta Kepala Desa Masing-masing untuk mendukung kelancaran kegiatan ini.

OPT utama yang mendapat perhatian khusus oleh petani adalah Penyakit Busuk Batang yang menyerang Tanaman Lada & Cengkeh. Penyakit ini menyebabkan banyak Tanaman Lada & Cengkeh mati sehingga harus dilakukan eradikasi agar tidak menyebar ke tanaman lain disekitarnya.

Dalam Bimbingan teknis yang dilaksanakan Petani diberikan informasi mengenai Teknik untuk mencegah dan mengendalikan Penyakit yang menyerang Tanaman Cengkeh & Lada, sedangkan dalam Gerakan Pengendalian OPT Petani dilatih keterampilan Teknis untuk mengendalikan Penyakit yang menyerang tanaman.

Baca Juga :   Perkuat Posluhdes, Bone Siap Jadi Sentra Industri Pertanian

UPT Proteksi Tanaman Perkebunan (PTP) juga memberikan Bantuan Sarana dan Prasarana berupa Unit Hand Sprayer serta Pestisida Nabati untuk mendukung  kegiatan petani.

Petani dari 3 Desa sangat bersyukur berterimakasih atas Pelaksanaan kegiatan ini karena kegiatan yang dilakukan oleh UPT PTP tersebut adalah hal yang mereka butuhkan dan tunggu selama ini.

Petani berharap agar kedepannya diberikan Bimbingan Teknis mengenai penggunaan Agens Hayati untuk Pengendalian OPT secara alami serta dibuatkan Bimtek khusus Pembuatan Pupuk Organik untuk mendukung budidaya yang mereka lakukan.

Reporter : Suriady

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini