21 Februari 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Pertanian Cerdas, Untirta Gelar Bimtek Sistem Kontrol Pintar Berbasis IoT

Sinar Tani, Serang — PS Agroekoteknologi Fakultas Pertanian UNTIRTA melaksanakan Bimtek Sistem Kontrol Pintar Berbasis IoT di Pembibitan Tanaman Buah Tropika Unggul Berbasis Pertanian Cerdas di Provinsi Banten.

Acara dibuka Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. Nurmayulis, M.P dan dihadiri oleh Eko Noviyandi S.E dari PT Agrobisnis Banten Mandiri (ABM).

Dr.Susiyanti, SP., MP selaku ketua pelaksana memaparkan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Matching Fund Kedaireka hasil kolaborasi antara PS Agroekoteknologi Fakultas Pertanian UNTIRTA, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; dan PT ABM.

Susi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bimbingan teknis yang menghadirkan beberapa materi, mulai dari sistem Kontrol Iklim Mikro dan Irigasi Tetes yang disampaikan oleh Mahendra, M.T. dari BBP Mektan Serpong.

“Materi kedua berjudul Sistem Kontrol Pintar Berbasis IoT pada Pembibitan Tanaman Buah Tropika seperti Pisang, Rambutan, Duren, Alpukat, Manggis disampaikan oleh Budi Priyonggo, S.TP, M.Si dari Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI).” Jelas Susi

Susi menambahkan bahwa peserta kegiatan adalah Petani Mitra PT ABM dari Cileles, Petani Penangkar Bibit Kab. Serang. Dinas Pertanian Kab. Serang, Dinas Pertanian Kota Serang, Dinas Pertanian Prov Banten, UPTD BPSB TPH Provinsi Banten, BPTP Prov. Banten, BRIN, Dosen, dan Mahasiswa.

Kegiatan dihadiri oleh 80 peserta dan berlangsung di dua lokasi yaitu Kampung UNTIRTA Sindang Sari, dan praktek serta melihat simulasi pertanian cerdas di Kebun Percobaan Karangkitri.

Reporter : Suroyo

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini