14 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Warga Tanalili Diajarkan Olah Sampah Jadi Eco Enzyme

Sinar Tani, Luwu Utara — Kurangi sampah rumah tangga, Pemerintah Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara gelar Sosialisasi Pengolahan Sampah Organik Rumahan Menjadi Eco Enzyme.

Bekerjasama dengaqan Yayasan Cendekia Hijau Indonesia, sosialisasi dilakukan di Kantor Camat Tanalili, Kecamatan Tanalili.

Camat Tanalili, Andi Suriyanti, mengungkapkan ketertarikannya atas pengolahan sampah rumahan menjadi eco enzyme karena dapat menjadi salah satu alternatif pengurangan sampah, khususnya di Tanalili.

Suriyanti mencontohkan, bagaimana selama ini dirinya banyak menyimpan sampah organik di rumahnya untuk kemudian diolah menjadi pupuk organik.

“Yayasan Cendekia Hijau Indonesia hadir di Tanalili untuk menawarkan pembinaan/pelatihan pengolahan sampah di Kecamatan Tanalili. Salah satunya dengan proses pengolahan sampah organik menjadi eco enzyme,” ungka Suriyanti.

Ia mengatakan, pihaknya mendukung terlaksananya kegiatan pembinaan/pelatihan terutama pada pemberian fasilitas pelatihan eco enzyme kepada ibu-ibu PKK dan masyarakat Tanalili.

Rencananya, pelaksanaan pembinaan/pelatihan pengolahan sampah organik rumahan menjadi eco enzyme akan dilaksanakan pada 17 Februari 2023 mendatang. Dan kegiatan tersebut akan menjadi agenda rutin pertemuan ibu-ibu PKK di Kecamatan Tana Lili.

“Harapannya, masyarakat dapat mengimplementasikan hasil pelatihan di desa dan di rumah masing-masing,” harap Suriyanti.

Sementara itu, Sekjen Yayasan Cendekia Hijau Indonesia, May Herlina, mengatakan bahwa pihaknya siap memberikan pembinaan dan pelatihan yang dimaksud.

“Harapan kami sampah di Tanalili dapat dikelola dengan baik. Bukan hanya sampah anorganik, tetapi juga sampah organiknya,” terang May.

Ia menambahkan bahwa hal tersebut selaras dengan visi dan misi Yayasan Cendekia Hijau Indonesia untuk dapat “mengakhiri” sampah dari rumah dan tidak lagi sampai ke Tempat Pembuangan Akhir,” tutup May.

Reporter : Suriady

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini