16 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Gandeng Pesantren Ulul Ilmi, DKPKP DKI Jakarta Sosialisasi Urban Farming

Sinar Tani, Jakarta — Sukses menjalankan urban farming, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta menjadikan Pesantren Ulul Ilmi sebagai contoh untuk sosialisasi pertanian perkotaan kepada pesantren yang ada di DKI Jakarta.

Menindaklanjuti Amanah UU RI No 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren, DKPKP DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Pertanian Perkotaan (urban farming) di lokasi Pondok Pesantren Ulul Ilmi, Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada Senin (6/3).

Dalam kegiatan yang dimoderatori Endang Eko Retnowati ini dihadiri 100 orang peserta perwakilan  25 Pondok Pesantren  yang telah diberikan bantuan rak hidroponik Tahun 2022 dari Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

Materi yang diberikan mencakup pengembangan urban farming yang disampaikan oleh dua narasumber. Ketua Pondok Pesantren Ulul Ilmi, Joko Sugiharto membawakan materi Potensi Pengembangan Urban Farming di Pondok Pesantren.

Sedangkan perwakilan PT. Hydrofarm Indonesia, Wirawan Hartawan memberikan materi Peluang Bisnis Usaha Hidroponik.

Bukan hanya kegiatan di dalam kelas, para peserta juga diakak untuk melakukan kunjungan ke greenhouse Pondok Pesantren Ulul Ilmi dengan tujuan untuk memberikan contoh lokasi pondok pesantren pesantren yang telah sukses melakukan kegiatan pertanian perkotaan.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan wawasan para santri dan pengelola pondok pesantren yang telah diberikan pelatihan sehingga dapat diimplementasikan di lingkungannya masing-masing untuk menjamin kemandirian pangan di pondok pesantren.

Reporter : Indri 

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini