25 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Imaduddin, Petani Hidroponik Jakarta Lolos Program Magang Jepang

Sinar Tani, Jakarta — Program magang kerja pemuda tani sekaligus ajang seleksi mengikuti program Specified Skilled Workers (SSW) untuk bekerja dan belajar di Jepang dimulai. Dalam kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Pertanian RI melalui Badan Pengembangan dan Penyuluhan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) ini, DKI Jakarta meloloskan satu petani mileniallnya yaitu Imaduddin Rabani.

Specified Skilled Workers (SSW) bertujuan memberikan kesempatan kepada pemuda tani Indonesia untuk belajar tentang tata kelola pertanian yang maju, mandiri, dan modern di Jepang dengan harapan ilmu yang diperoleh itu dapat diterapkan ketika kembali ke tanah air.

Pada Tahun 2021, Kementerian Pertanian RI telah menargetkan 1.000 petani milenial magang kerja di Jepang dari seluruh Indonesia.

Pada tahun 2023 ini Provinsi DKI Jakarta berhasil meloloskan salah satu Petani Mudanya sebagai Peserta Magang Kerja Jepang, yaitu Imaduddin Rabani.

Imaduddin merupakan salah satu petani millenial yang bergabung dalam Kelompok Tani P4S Hidroponik Generik Kelurahan Petukangan Selatan Kecamatan Pesanggrahan Kota Administrasi Jakarta Selatan dengan pengalaman dalam budidaya dan pemasaran sayuran hidroponik.

Dimulai pada Selasa (9/5) hingga 3 tahun kedepan, Immadudin Rabani akan menjalani program magang kerja di Kota Fukui, Chubu Pulau Honshu, Jepang.

Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta berharap program magang kerja ke Jepang ini dapat menjadi ajang peningkatan kapasitas pemuda tani Jakarta untuk belajar teknologi pertanian yang canggih di Jepang.

Selain itu, melalui magang ini diharapkan dapat menciptakan pemuda tani yang berjiwa wirausaha, mandiri, inovatif, kreatif, berwawasan global, dan profesional.

Reporter : Indri

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini