25 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Petani IKN Kunjungi Lokasi Urban Farming di Jakarta

Sinar Tani, Jakarta — Kelompok Tani Amphar Adhum, Jakarta Timur dan Agro Edu Wisata Ragunan (AEW) mendapat kunjungan kerja dari Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Tim Penyusun Pedoman Pertanian Perkotaan IKN yang terdiri dari para Dosen Peneliti serta Perwakilan 5 Desa sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kunjungan kerja dan studi banding ke lokasi pertanian perkotaan (urban farming) yang berada di Jakarta tersebut dipimpin Plt Direktur Ketahanan Pangan Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN), Setia Langgono di dampingi Kepala Bidang Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta, Mujiati beserta jajaran.

Tujuan kunjungan kerja antara lain untuk mempelajari model pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) di DKI Jakarta yang rencananya akan diadopsi dan diimplentasikan di lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kegiatan pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) di Kelompok Tani Amphar Adhum Jakarta Timur yang merupakan Binaan Suku Dinas KPKP Jakarta Timur telah melaksanakan sistem budidaya pertanian perkotaan di permukiman warga dengan sistem IoT (Internet of Thinking).

Di kelompok ini juga dikembangkan budidaya pertanian baik konvensional, tanaman toga, tanaman buah, tanaman hias dan hidroponik.

Di Agro Edu Wisata (AEW) Ragunan Jakarta Selatan, yang dikelola Sudin KPKP Jakarta Selatan, rombongan dikenalkan model pertanian perkotaan (urban farming) secara terintegrasi mulai dari budidaya pertanian konvensional, hidroponik, peternakan, perikanan beserta olahannya.

Rombongan diterima Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Admnistrasi Jakarta Selatan, Hasudungan Sidabalok berserta jajarannya.

Untuk mengenalkan buah unggulan Jakarta, diberikan bibit alpukat cipedak secara simbolis kepada perwakilan rombongan untuk ditanam di lokasi Ibu Kota Nusantara.

Baca Juga :   Dinas KPKP DKI Jakarta Kembangkan Urban Farming Di Rusunawa

Diharapkan dari kunjungan ini para petani yang berasal dari Kelurahan Pemaluan, Desa Bumi Harapan, Desa Sukomulyo, Desa Binuang dan Desa Sukaraja Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Pesisir Utara Kalimantan Timur dapat menginisiasi dan  mengambil pelajaran terkait pelaksanaan pertanian perkotaan di Jakarta untuk di terapkan di lokasi Desa para peserta.

Reporter : Indri

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini