25 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Workshop Perencanaan Pengembangan Urban Farming, Tingkatkan Wawasan Petani IKN

Sinar Tani, Jakarta — Dalam rangka Penyusunan Pedoman Penyelenggaraan Pertanian Perkotaan di Kawasan Ibu Kota Nusantara (K-IKN). Otoritas Ibu Kota Nusantara Kedeputian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam menyelenggarakan Workshop Perencanaan Pengembangan Pertanian Perkotaan Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), di Hotel Novotel Cikini, Jakarta Pusat Rabu (31/5).

Kegiatan yang dibuka  Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam, Dr. Myrna A. Safitri SH, M.Si, dan dihadiri Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta bertujuan untuk memperkaya substansi Penyusunan Pedoman Penyelenggaraan Pertanian Perkotaan di Kawasan Ibu Kota Nusantara (K-IKN).

Workshop diikuti Dinas KPKP DKI Jakarta, Tim Penyusun Pedomam Pertanian Perkotaan IKN dan Perwakilan 5 Desa sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN).

Materi workshop  disampaikan oleh empat  narasumber, antara lain Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Mujiati dengan materi Desain Pengembangan Urban Farming bagi Kelompok Pemula.

Dr. Rifqi Fauzi, S,P., M.Si dari Universitas Trilogi dengan materi Mengenali Faktor Internal dan Eksternal Agroekologi Urban Farming. Dari Polbangtan Bogor, Annisa Nur Ichniarsyah, S.TP., M.Si membawakan materi Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna dalam Urban Farming

Dan materi Tahapan Praktis dalam Budidaya Urban Farming: Aplikasi Benih, Pupuk dan Pestisida disampaikan Heny Agustin, S,P., M.Si dari Univeraitas Trilogi.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi dan membuat rencana aksi yang akan dilakukan para petani dari 5 Desa sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dengan kegiatan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan para perwakilan petani desa untuk diimplementasikan di lingkungannya masing-masing.

Reporter : Indri

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini