22 Mei 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Ronny Pamuji, Sebagai POPT Teladan Nasional 2023 Asal dari Kalimantan Selatan

Aplikasi ROPA Menghantarkan Ronny sebagai POPT Teladan.

Sinar Tani, Jakarta — Pada Hari Kemerdekaan yang ke 78 tahun ini  BPTPH salah satu UPTD dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, mendapatkan kado terbaik yaitu sebagai POPT Teladan Tingkat Nasional diraih Ronny Pamuji, SP POPT Kecamatan Karang Intan Dan Aranio Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.

Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan atau yang lebih dikenal dengan sebutan POPT merupakan petugas yang langsung mendampingi petani di lapangan dan memiliki tugas dan tanggung jawab terkait perlindungan tanaman pangan dan hortikutura di wilayah kerjanya.

Lewat Aplikasi ROPA (Recommendation for Precision Agriculture) TANI sebuah aplikasi untuk pedoman pengendalian hama dan penyakit terpadu tanaman padi menghantarkan Ronny sebagai POPT Teladan.

20 orang Penerima Penghargaan  dari Kementerian Pertanian diundang di Gedung DPR – RI Senayan untuk menyaksikan secara langsung Pidato Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang DPR RI tahun 2023

Selain POPT Teladan ada 19 orang teladan lainnya dari Kementerian Pertanian yaitu PBT (Pengawas Benih Tanaman) Berprestasi, Auditor Teladan, Petani Milenial KUR Berprestasi, Penyuluh Pertanian, Dosen Berprestasi, WI Berprestasi, Champion Bawang, Champion Cabai ikut berhadir pada acara tersebut.

Sebagai POPT dalam menghadapi kondisi ElNino dan kekeringan sudah melakukan upaya : Melakukan sosialisasi kepada petani terkait elnino, kekeringan dan kebakaran lahan; Melakukan gerakan penanganan OPT dan DPI bersama sama petani; Menyampaikan aplikasi android ROPA TANI hasil inovasi nya sendiri tersebut.

 

Reporter : Novi

Sumber : Humas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini