22 Mei 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Bukan Teh Biasa, Teh Racikan Mokhammad Berkhasiat

Sinar Tani, Kota Batu — Ada yang berbeda dari produk minuman teh yang dibuat pria asal Kota Batu ini. Teh racikan Mokhammad terbuat dari tanaman yang tidak biasa seperti Rosella, Chamomile, hingga jeruk Bergamot yang memiliki khasiat luar biasa untuk tubuh.

Minuman teh menjadi salah satu minuman yang memiliki banyak peminat. Namun siap sangka. selain jenis teh yang sudah familiar di masyrakat seperti teh Melati, teh hijau maupun teh hitam, ada jenis teh yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan kaya khasiat untuk tubuh.

Adalah Mokhammad yang mencoba memproduksi teh berkhasiat dan nikmat dengan nama  H.N Tea. H.N Tea bisa dibilang bukan teh biasa, karena teh ini menggunakan bahan baku tanaman yang  belum banyak dikenal.

Seperti misalnya, Rosella, Chamomile, hingga jeruk Bergamot yang merupakan bahan baku utama minuman teh racikan Mokhammad.

Diungkap pria asal Kota Batu ini, bahwa aneka macam teh yang ia buat mulai dihadirkan pada masa pandemic lalu. Hal itu dilakukan karena H.N Tea bisa meningkatkan imun tubuh dan memiliki khasiat lainnya.

“Kaya dengan vitamin C, teh rosella memiliki khasiat antara lain mengurangi kadar kolesterol, gula darah dan asam urat dalam tubuh, mengobati batuk serta sakit tenggorokan, mengatasi sariawan serta panas dalam. Selain itu juga dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh, baik untuk menjaga kehalusan dan kekencangan kulit, serta dengan kandungan asam amino membuat teh rosella mampu mencegah kanker,”tuturnya.

Sedangkan untuk teh Chamomile, Mokhmmmad mengaku teh ini sudah dikenal sejak lama dengan segudang khasiat bagi kesehatan.

“Teh Chamomile terbuat dari ekstrak bunga Chamomile, jenis teh ini termasuk dalam teh bebas kafein yang cukup populer dan banyak diminati, tidak hanya karena rasanya yang manis dan aromanya yang harum, teh Chamomile juga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh,” ungkapnya.

Baca Juga :   Gurihnya Keripik Belut Kurnia Olahan Windawati

Mokhammad menjelaskan, proses pembuatan teh bunga Chamomile dan teh bunga Rosella diawali dengan pemilihan kuntum bunga segar, kemudian dikeringkan. Setelah itu kuntum bunga kering, langsung direbus dengan air sampai mendidih dengan suhu 100 derajat celsius serta ditambahkan gula. Setelah itu didinginkan dan kemudian dikemas.

“Manfaat teh Chamomile berasal dari senyawa aktif yang ada di dalamnya, berkat kandungannya tersebut, teh chamomile berkhasiat sebagai antiradang, dan bahkan antikanker,”tuturnya.

Sementara itu untuk teh Earl Grey menggunakan bahan jeruk Bergamot yang memiliki warna dan ukuran hampir sama seperti jeruk nipis, tetapi mempunyai aroma dan rasa yang berbeda.

“Sari jeruk Bergamot banyak digunakan menjadi bahan dasar pembuatan sabun, minyak esensial, parfum dan teh herbal yang selanjutnya dikenal menjadi teh Early Grey.” Jelasnya.

Pembuatan teh Early Grey tidak jauh berbebeda prosesnya dengan pembuatan teh Rosella maupun teh Chamomile, dimulai dari pemilihan teh kering, jenis teh hitam dan flavour (perasa) jeruk Bergamot.

Kemudian teh hitam ditempatkan pada loyang dan diratakan, setelah itu disemprot menggunakan perasa yang dicampur Bergamout flavour dan air.

“Setelah itu teh hitam kering dengan perasa langsung direbus dengan air sampai mendidih dengan suhu 100 derajat celsius serta ditambahkan gula, proses selanjutnya didinginkan dan siap untuk dikonsumsi,”pungkasnya.

Reporter : Soleman 

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini