14 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Ingin Usaha Jajanan Pasar? Ini Saran Khurun

Sinar Tani, Karangploso — Berbagai macam kue dan kudapan yang biasa disebut jajan pasar memiliki banyak disukai masyarakat. Bukan hanya karena ragamnya, rasa yang bisa diterima lidah juga menjadi alasan jajanan pasar banyak dicari.

Potensi menjanjikan di usaha jajanan pasar diakui pembuat jajanan pasar asal Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Khurun. Menurutnya jajanan pasar merupakan salah satu makanan yang kerap diburu oleh banyak orang.

“Beberapa jenis jajanan pasar menjadi favorit masyarakat, mulai dari kue talam, sosis solo, risoles, pisang cokelat, kue putu, klepon, selain cocok dinikmati saat berkumpul bersama keluarga, jajanan pasar juga sering disajikan dalam acara-acara penting, seperti pengajian, hajatan, arisan, dan pertemuan-pertemuan,” Ungkapnya.

Khurun mengungkapkan, jajan pasar memiliki banyak jenis/varian dengan rasa yang khas dan harga yang terjangkau.

“Jajan pasar kini banyak dicari lagi karena tidak mengandung bahan kimia dalam proses pembuatannya sehingga aman dikonsumsi, selain itu tampilan jajan pasar kini dibuat lebih menarik,”ujarnya.

Bagi para pemula yang terjun ke usaha jajanan pasar, Khurun memberikan masukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Yang pertama untuk lebih dulu mencoba untuk mengeksplor berbagai macam kue jajanan khas Nusantara di banyak media sosial, seperti Blog, Youtube, atau Instagram.

“Dimana kita bisa menemukan banyak referensi berbagai kue kekinian maupun tradisional, kalau sudah menemukan satu ide kue yang menarik, carilah bahan dasarnya di internet, lalu cobalah membuatnya,” ujarnya/

Setelah itu para pemula harus mencari tahu siapa saja competitor dalam usaha ini. Hal ini penting dalam dunia bisnis, salah satunya untuk memperkirakan harga, jenis kue, dan ide marketing, bisa lihat apa yang menjadi keunikan dari kompetitor, sehingga bisa diambil untuk ide bisnis jajanan kue.

Baca Juga :   Manik, Olah Lidah Buaya Jadi Makanan Kaya Nutrisi

“Jadikan kompetitor sebagai inovasi agar lebih baik,” tambah Khurun.

Selanjutnya penting untuk mengetahui siapa saja target konsumen, maka hal yang harus dilakukan adalah mengkreasikan jajanan kue dengan bentuk yang lebih kreatif.

“yang lebih penting lagi adalah mencoba modifikasi dengan  cara memilih bahan yang lebih premium, maka rasa jajanan kue pasar akan jauh lebih enak,”pungkasnya.

Reporter : Soleman

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini