5 Maret 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Yosi Soya, Susu Kedelai Andalan Robby Kaya Manfaat

Sinar Tani, Karangploso — Kadungan vitamin dan protein dalam susu kedelai membuatnya menjadi alternatif bagi mereka yang alergi dan bosan dengan susu sapi. Ya, peluang itulah yang ditangkap Robby untuk membuat minuman susu kedelai yang tidak berbau langu dan kental.

Susu kedelai Yosi Soya dikembangkan Robby sejak tahun 2021 yang lalu. Melihat kandungan yang sangat baik pada kedelai dan ingin menciptakan minuman susu kedelai yang nikmat (tidak berbau langu dan ketal) mengantarkan Robby untuk terjun ke usaha pembuatan susu kedelai/

“Susu kedelai ini kan mengandung beragam kalsium, protein, dan vitamin, olahan susu kedelai ini bisa jadi alternatif jika bosan mengonsumsi susu sapi,”paparnya.

Robby menjelaskan proses pembuatan susu kedelai dimulai dari menimbang semua bahan, kemudian dibersihkan. Setelah itu kedelai direndam minimal 5 jam, lalu kedelai yang sudah direndam kemudian dikupas kulitnya.

“Dilanjutkan dengan memblender kedelai yang sudha dikupas, dan kemudian direbus selama 30 menit sampai mendidih dengan tambahan daun pandan. Setelah itu matikan apinya lalu ditambahkan garam dan diaduk sampai rata, kemudian disaring, dan setelah dingin bisa dikemas kedalam botol,”tuturnya.

Robby mengatakan bahwa susu kedelai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya untuk membantu mengontrol kolesterol di dalam tubuh, karena susu kedelai adalah susu non kolesterol.

“Susu ini aman dikonsumsi untuk orang yang memiliki riwayat tinggi kolesterol, berbeda dengan susu yang dihasilkan dari peternakan sapi,” ungkapnya.

Susu kedelai jjga bisa mencegah Osteoporosis akibat kepadatan tulang berkurang, karena susu kedelai memiliki kandungan yang kaya akan kalsium. Selanjutnya bisa mencegah kanker prostat dengan gejala adanya gangguan pada saat buang air kecil. Hal itu bisa dicegah karena kandungan fitoestrogen, yang bisa membantu menghambat produksi testosterone pada pria.

Baca Juga :   BPDPKS dan BRIN Dorong Pemanfaatan Kebaikan Sawit untuk Hortikultura Indonesia

“Manfaat lainnya bisa membantu menahan nafsu makan, sehingga perut tidak mudah lapar dan berat badan menjadi lebih stabil, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh,”pungkasnya.

Reporter : Soleman

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini