14 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Apresiasi. Kolaborasi TPHPKP dan BPJS Lewat Sutasoma

Sinar Tani, Soppeng — Dua tahun berjalan, program Sistem Perlindungan Petani Maju dan Sejahtera (Sutasoma) yang merupakan Kerjasama  Dinas Tanaman Pangan, Holtikuktura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) dengan  BPJS Ketenagakerjaan Cabang Soppeng di evaluasi.

Kegiatan Monitoring Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Peraturan Bupati No. 5 Tahun 2023 terhadap 3 Indikator Keberhasilan Sutasoma ini digelar di Hark Cafe & Eatery Malaka. Kamis, (6/7).

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikuktura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kab.Soppeng, Ir.Fajar, mengatakan bahwa sampai bulan Juni 2023 capaian program baru 25%,  namun dalam perjalanan program ini mendapat respon yang luar biasa baik dari petani dan pihak luar.

“Tak hanya itu, Pemerintah Kab. Soppeng menerima Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya dari Presiden RI, Joko Widodo atas prestasi di bidang pertanian melalui program Sutasoma ini.” Ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP mengaku sangat mengapresiasi program yang sudah diusulkan kurang lebih 2 tahun yang lalu ini dan program ini harus segera ditindaklanjuti.

“Saya mencoba merefleksikan beberapa teori dari beberapa buku dengan menarik kesimpulan kesimpulan bahwa ada 3 inti pemerintahan yaitu pengaturan, pelayanan dan penindakan yang mana semua ini dilakukan demi kebaikan masyarakat. Kehadiran kita ditempat ini dengan para pihak terkait untuk bersama-sama melakukan monitoring dan evaluasi program sutasoma ini, apalagi dalam kondisi saat ini.,” ungkapnya.

Lutfi berharap agar program sutasoma di tahun 2023 dapat mencapai 75%, sehingga dapat memberikan penghargaan kepada Pemerintah.

“Saya minta kepada para penyuluh agar menyampaikan program sutasoma ini dengan menjelaskan bagaimana manfaat yang didapatkan dengan program sutasoma ini.” Tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyeran penghargaan oleh Wakil Bupati Soppeng  kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan berperan aktif pada program ini. Selain itu juga dilakukan penyerahan Santunan JKM kepada Ahli Waris petani yang meninggal dunia oleh Wakil Bupati Soppeng.

Baca Juga :   Sukarno, Pensiun Dini Untuk Bertani

Turut hadir pada kegiatan ini, para anggota Forkopimda, Kadis Kominfo, Kadis Lingkungan hidup, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Soppeng, para Ketua BPP Kecamatan, para Distributor dan pengecer pupuk.

Reporter : Suriady

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini