15 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Tradisi Mappalili, Cara Petani Desa Samaenre Berharap Panen Berlimpah

Sinar Tani, Pinrang — Tradisi Mappalili digelar masyarakat dusun Katteong, Desa Samaenre, Kecamatan Mattiro Sompe. Kegiatan yang memiliki makna sebagai sebuah pengharapan akan hasil panen berlimpah dihadiri Bupati Pinrang Irwan Hamid.

Irwan Hamid mengungkapkan rasa syukur karena masyarakat masih terus mempertahankan kearifan lokal yang memiliki makna baik.

Lebih lanut Bupati mengatakan bahwa tradisi Mappalili yang digelar juga harus dibarengi dengan usaha maksimal agar harapan akan panen berlimpah terwujud dengan gabungan ikhtiar dan doa.

Selain itu, Bupati Irwan juga bersyukur, masyarakat tani menunjukkan semangat persatuan yang tinggi yang dianggap sebagai salah satu poin penting dalam keberhasilan panen di setiap musim tanam.

Bupati Irwan juga meminta masyarakat agar menyatukan jadwal musim tanam agar hama tidak memiliki waktu berpindah dari 1 lahan ke lahan pertanian lain.

“Mari kita sama – sama berdoa agar panen yang kita peroleh pada musim tanam ini dapat meningkat dari musim tanam lalu” ujar Bupati Irwan.

Pada kegiatan ini, turut hadir, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura A.Tjalo Kerrang, Kadis Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi M.Jenal, Kadis Ketahanan Pangan M.Abduh, Kadis Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang Awaluddin Maramat, Kadis Perindag ESDM Hartono Mekka, Camat Mattiro Sompe A.Ramlan Natsir dan pihak terkait lainnya.

Reporter : Suriady

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini