22 Mei 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Bendung Baliase Siap Airi 3000 Ha Sawah Luwu Utara

Sinar Tani, Luwu Utara —Bendungan Baliase Luwu Utara selesasi diperbaiki, sekira 3000 hektare sawah siap dialiri jaringan irigasi. Running Test (uji pengaliran) dilakukan langsung Direktur Widadi didampingi Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

“Setelah pengerjaan Bendung Baliase dan jaringan irigasi ini dilakukan perbaikan, hari ini kita running test mengaliri sekira 3000 HA sawah yang ada di beberapa kecamatan dan desa di Luwu Utara,” kata Ismail.

Kendati telah melihat langsung kondisi di lapangan, Ismail berharap Bendung Baliase akan menjadi  Proyek Strategis Nasional (PSN) satu-satunya yang akan diresmikan Presiden RI, Joko Widodo.

“Bendung Baliase ini InsyaAllah akan menjadi PSN pertama dan satu-satunya yang nantinya akan diresmikan oleh Presiden. Seperti kita ketahui sudah banyak Proyek Strategis Nasional yang diresmikan presiden tapi mayoritas hanya bendungannya saja dan belum ada bendung yang diresmikan presiden beserta jaringan irigasinya,” terang Ismail.

Meski begitu, Ismail mengatakan, butuh persiapan yang matang khususnya membenahi sarana pendukung lainnya. Untuk itu, Ia mengusulkan membentuk Tim Koordinasi Pemerintah Daerah berkolaborasi dengan Kementerian PUPR.

“Kami tadi diskusikan dengan Ibu Bupati Luwu Utara, nanti kita akan dibentuk satu tim koordinasi persiapan peresmian dan mudah-mudahan dengan persiapan yang kita akan lakukan nanti, bapak presiden berkenan untuk hadir meresmikan langsung DI Baliase,” harap Ismail.

Sementara itu orang nomor satu di Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyampaikan terima kasih dan apresiasi pada Kementerian PUPR.

“Bersama masyarakat, Pemda menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR yang selalu hadir membangun Negeri,” ucap Indah.

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini