25 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Direktur PT Corin Mulia Gemilang: Usaha Taksi Alsintan Layak jadi Bisnis

Sinar Tani, Jakarta—Pertanian modern memerlukan alat mesin pertanian, namun kadang terkendala harga alsintan yang mahal. Pemerintah melalui Kementerian Pertanian memprogramkan KUR Alsintan untuk membantu meringankan pembiayaan alsintan. Bagaimana kesiapan penyedia alsintan ?

“Kami sangat mendukung suksesnya program KUR Alsintan,” kata Direktur Utama PT Corin Mulia Gemilang, Hari Prabowo saat webinar KUR: Solusi Permodalan di Tengah Krisis Pangan Global di Jakarta, Rabu (19/10) yang diselenggarakan Tabloid Tercinta, Sinar Tani.

Ada beberapa alasan mengapa KUR Taksi Alsintan ini penting. Pertama, ungkap Hari, kebutuhan alsintan semakin banyak, baik untuk ekstensifikasi maupun intensifikasi. Kedua, pendanaan yang terbatas karena harga alsintan mahal. Ketiga, usaha jasa alsintan layak secara bisnis perlu terobosan dalam hal pendanaan.

Hari mengatakan, pihaknya mendukungan Program KUR Alsintan. Misalnya, dengan mengurangi resiko kerusakan alsintan. seban, jika sampai rusak, maka alsintan tersebut tidak dapat bekerja. Dampaknya, cicilan pengguna alsintan ke bank tidak lancar, sehingga akan menghambat keberlangsungan program KUR Alsintan.

Direktur PT Corin Mulia Gemilang, Hari Prabowo

“Alsintan Corin teruji di lapangan, sudah 1.000 unit tahun ini, dari mesin panen, traktor, dan sebagainya. Spare part yang mudah didapatkan, menjamin ketersediaan spare part dan servis selama masa kredit, serta service station dan show room sudah tersebar,” ujarnya.

Dukungan lain dari Corin adalah keberadaan showroom di sentra padi. Misalnya, di Ngawi, Kudus, Sragen dan Subang. Terdapat juga beberapa mini showroom dan kantor cabang yaitu di Aceh, Medan, Palembang, Lampung, Pemalang, Sidrap.

“Kami selalu memberikan pelayanan terbaik untuk setiap unit dan menjamin ketersediaan spare part serta layanan service, stok spare part telah kami siapkan yang merupakan bagian dari sfter sales service,” kata Hari. Pabrik dan Showroom Maxxi di kantor Sidoarjo sudah sangat memadai. Dengan luas lahan 30,536 m2, luas bangunan 9,700 m2, luas RTH dan jalan 17,600 m2, dan kapasitas produksi : 5,000 unit / tahun.

Baca Juga :   Inilah Kendaraan untuk Garda Terdepan Pertanian

Hari mengatakan, pihaknya menyiapkan program cover KUR Rp 500 juta per pemohon. Terdiri dari 70 persen cover bank Himbara /Bank Daerah, tenor maksimal 5 tahun, bunga KUR 6 persen, 30 persen uang muka oleh petani, dan tanpa jaminan tambahan. “Jaminannya adalah alat itu dapat bekerja. Jadi kami selaku vendor harus melakukan beberapa hal terkait pengurangan resiko kerusakan alsintan,” kata Hari.

Reporter : Indri

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini