25 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Genjot Produksi Dengan Plastik Mulsa Berkualitas Tinggi

Sinar Tani, Jakarta — Perkembangan bisnis buah dan sayur yang begitu pesat dengan permintaan yang cenderung meningkat membuat banyak petani menggenjot hasil pertaniannya. Untuk memenuhi permintaan, petani membutuhkan peralatan modern yang dapat medukung hasil panen berkualitas.

Alat bantu tanam yang sangat dibutuhkan para petani khususnya di pertanian hortikultura adalah plastik mulsa.

Beberapa tanaman holtikultura tersebut seperti cabai, terung, kacang panjang, sampai buah seperti melon, semangka, dan strawberry saat ini menggunakan metode dengan cara ditutupi dengan plastik panjang.

Penggunaan plastik panjang ini dinilai mampu meningkatkan produktifitas pertanian. Media Plastik yang biasa digunakan oleh petani untuk menutupi tanah tanaman tersebut disebut dengan mulsa plastik.

Dengan menggunakan teknologi dan mesin modern, PT. Mutiaracahaya Plastindo  memproduksi plastik mulsa yang berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan plastik mulsa  yang terus meningkat di Indonesia.

Plastik mulsa berkualitas dari  PT. Mutiaracahaya Plastindo adalah plastik mulsa hitam perak LLDPE. Plastik mulsa ini baik digunakan di daerah tropis untuk pertanian pada tanaman hortikultura (cabe, bawang, tomat, mentimun, melon, stroberi , kubis, bunga, wortel, kentang, dan lain sebagainya).

Plastik mulsa ini terdiri dari dua lapisan yaitu warna perak dan hitam. Pemasangan mulsa yang benar adalah plastik warna hitam berada di bagian bawah menutupi permukaan tanah dan warna perak di bagian atas

Plastik mulsa warna hitam berada di bagian bawah memberikan manfaat mampu menyerap panas sehingga suhu di perakaran tanaman menjadi lebih hangat, sehingga perkembangan akar akan optimal dan warna hitam juga mencegah sinar matahari menembus ke dalam tanah sehingga benih-benih gulma tidak akan tumbuh.

Plastik mulsa warna perak berada di bagian atas memberikan manfaat bisa memantulkan sinar matahari sehingga proses fotosintesis menjadi lebih maksimal. Kondisi tanaman tidak terlalu lembab sehingga mengurangi penyakit dan mengusir serangga-serangga pengganggu tanaman seperti thrips dan aphids.

Baca Juga :   Inilah Kendaraan untuk Garda Terdepan Pertanian

Keunggulan lainnya dari penggunaan plastik mulsa ini adalah lahan tanaman dapat diberikan pupuk secara sekaligus sebelum melakukan penamanan. Plastik mulsa dapat mencegah tercucinya pupuk oleh air hujan dan penguapan unsur hara oleh sinar matahari.

Pemupukan dapat dilakukan secara merata akibatnya kesuburan tanah terjaga sehingga pertumbuhan tanaman relatif terjaga.

Selain itu, manfaat plastik mulsa hitam perak ini adalah mempercepat proses pembentukan zat fumigant tanpa harus memakai plastik khusus pada saat melakukan sterilisasi tanah dengan menggunakan gas fumigant.

Dengan menggunakan plastik mulsa ini, tanah menjadi tetap gembur sehingga dapat menekan pertumbuhan akar dengan baik. Hal ini dapat mengurangi pekerjaan penyiangan dan penggemburan tanah sehinggah biaya produksi lebih efisien.

Pada musim kemarau, plastik mulsa hitam perak ini dapat mencegah penguapan air dari dalam tanah sehingga tidak perlu dilakukan penyiraman tanah sesering mungkin. Selain itu mulsa juga melindungi tanaman dari percikan air tanah pada saat penyiraman sehingga mengurangi resiko tanaman terkena penyakit buah busuk.

Mutiaracahaya Plastindo mampu menyediakan plastik mulsa hitam perak sesuai kebutuhan spesifikasi petani. Perusahaan menjamin setiap kualitas produk dan pengiriman tepat waktu dimanapun dibutuhkan. Pada tahun 2011, PT. Mutiaracahaya Plastindo terakreditasi ISO 9001:2015  ( sistem manajemen mutu).

Reporter : Echa

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini