25 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Majukan Pertanian Banten, Untirta Sosialisasi Bibit Bersertifikat

Sinar Tani, Lebak — Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) terus melaksanakan kegiatan untuk memajukan pertanian di provinsi Banten. Salah satunya penanaman dan sosialisasi SOP multiplikasi buah tropika produksi bibit bersertifikat.

Kegiatan dalam rangka matching fund kedai reka ini mengambil judul “Pengembangan Pembibitan Tanaman Buah Tropika Unggul Berbasis Pertanian Cerdas di Provinsi Banten” dan dilasanakan do Kampung Buyut, Kujangsari, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Rabu  (7/12)

Kegiatan ini dihadiri langsung Dekan Fakultas Pertanian Untirta, Prof. Dr. Ir. Nurmayulis, MP., didampingi Ketua Jurusan Agroteknologi  Andi Apriany Fatmawatyy, Ir., MP. dan Ketua pelaksana Kedaireka, Dr. Susiyanti, SP., MP.

Susiyanti menjelaskan bahwa para peserta dibekali materi Pentingnya SOP Multiplikasi Bibit & Pengendalian HPT pada Tanaman Buah oleh Ir. H. KMS Ismail, M.M. Kepala Seksi Perbenihan Tanaman Pada UPTD BPTPHP Dinas Pertanian.

“Selain itu juga akan disampaikan materi tentang Pemeliharaan Tanaman Buah dengan Pemupukan oleh Dwi Siswanto dan Aris Munandar, S.Pi., M.Si selaku Ketua Taruna Tani Bina Bhakti Mandiri,” tambahnya.

Pada acara yang dihadiri dosen-dosen Agroekoteknologi Untirta, Mahasiswa Agroekoteknologi Untirta, dan juga petani di daerah setempat ini juga dilaksnakan penanam simbolis bibit oleh Pimpinan Fakultas bersama panitia dan petani.

Dekan Fakultas Pertanian Untirta, Nurmayulis menekankan tentang Peran bibit bersertifikat yang berpengaruh besar dalam peningkatan produksi dan produktivitas tanaman.

“Bibit yang bersertifikat telah terjamin mutu, baik dari segi genetik, fisik, serta fisiologisnya. Dengan penanaman bibit ini diharapkan akan memajukan pertanian khususnya pada tanaman buah tropika di Provinsi Banten” jelas Nurmayulis.

Reporter : Suroyo

 

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini