22 Mei 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Mengandung Mineral Negeri Ginseng, Ge Lite Tingkatkan Produktifitas Pertanian

Sinar Tani, Jakarta — Kabar gembira bagi petani di tanah air, pasalnya saat ini telah hadir pembenah tanah yang bisa meningkatkan produktifitas pertanian hingga 200%. Ge Lite dengan kandungan mineral langkah dari negeri ginseng, Korea bisa meningkatkan hasil pertanian dalam berbagai kondisi lahan. Bukan hanya itu, Ge lite juga bisa meningkatkan hasil produksi peternakan maupun perikanan.  

Efektifitas Ge Lite di lahan pertanian tidak perlu diragukan. Dari berbagai demplot yang dilakukan di berbagai daerah dengan kondisi lahan serta varietas tanaman yang berbeda, Ge Lite menunjukkan hasil yang memuaskan dengan peningkatan produktiftas bahkan hingga 200%.

Diungkapkan Riset dan Development Super Mineral Ge Lite PT. GoenGo Mitra Indonesia, Hery Kuncoro bahwa keampuhan Ge Lite dalam meningkatakn produktifitas tidak lepas dari kadungan mineral yang ada di dalamnya.

“Ge Lite merupakan batuan mineral komposit tanah jarang, sebagai hasil metamorphosis pada fase intermediate yang terjadi sekitar 65 juta tahun lalu yang termasuk dalam batuan filonit-siricite. Komposit mineral komplek ini adalah komposisi Oksida oksida, Silika, Aluminium, Ferrum, Sodium, Potasium, Calsium, serta Magnesium yang sarat akan ion- ion positif.” Ujarnya saat berkunjung ke Tabloid Sinartani News Room Jakarta.

Lebih lanjut Hery mengatakan bahwa efektifitas Ge Lite dalam meningkatkan produktifitas juga tidak lepas dari mineral aktif Geranium dari Korea.

Mineral Geranium memiliki efek antara lain ,embantu energi metabolisme karena daya absorpsi oksigen yang sangat tinggi dan berfungsi sebagai katalis, zat super antioksidan, pembenah tanan yang asam, memaksimalkan serapan nutrisi baik bagi tanaman dan hewan peliharaan, mengaktifkan hormon pertumbuhan serta memberikan efek gelombang elektromagnetik UV jauh yang sangat baik sekali saat tanaman fotosintesis.

Baca Juga :   Mandiri Benih Tahap III, Gubernur Sulsel Bagikan 2,500 Ton Benih Padi

Sedangkan fungsi batuan yang terkandung dalam Ge Lite antara lain mempercepat pertumbuhan tanaman, tanaman jangka pendek 3-4 bulan, waktu panen akan lebih cepat sekitar 15-20 hari. Tahan pembusukan dan dapat disimpan lebih lama, karena kandungan mineral yang tinggi.

“Tahan serangan hama dan penyakit, memaksimalkan daya serap nutrisi sehingga tanaman tumbuh dengan sangat sempurna, menaikkan PH tanah asam, PH Ge Lite +/- 8.5, menstabilkan PH tanah.” Tambahnya.

Tunjukkan Hasil Maksimal

Dari beberapa demplot dan percobaan yang dilakukan pada lahan pertanian dengan berbagai komoditas dan kondisi lahan serta pada ternak dan perikanan, Ge Lite menunjukkan hasil yang memuaskan.

“Semua jenis komoditi bisa dipakai padi, jagung, cabai, bawang, tembakau, ketang, jamur tiram hingga tanaman buah seperti alpukat, durian dan lain sebagainya,” ungkap Hery.

Seperti di Kabupaten Luwu Utara, supplement yang sudah ada di Indonesia sejak 2017 ini meningkatkan panen padi secara signifikan dengan hasil 8,4 ton/ha.

Sementara itu uji coba penggunaan Ge Lite pada tanaman padi bekerjasama dengan BPP Ploso, Jombang meningkatkan panen secara signifikaan. Yang biasanya hanya menghasilkan 6 ton/ha, meningkat menjadi 14 ton/ha.

“Dengan Ge Lite, akar, batang, daun dan buah membesar alami karena tercukupi kebutuhan mineral saat pertumbuhan.  Anakan padi naik hingga 300% dan bulir naik 100% per malai.” Ungkapnya.

Bahkan pada jagung, perbandingan hasil produksi dengan menggunakan Ge Lite sangat terlihat. Rendemen pipilan hingga 85% yang biasanya hanya 73%, dan untuk kadar air yang biasanya hanya 23% turun hingga 17%.

Selain di ujicoba pada tanaman, Ge Lite yang diaplikasikan pada ternak  juga bisa meningkatkan bobot maupun hasil telur dan susu.   .

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini