21 Februari 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Program Mandiri Benih Sulsel, Salurkan 100 Ton Benih Padi di Bulukumba

Sinar Tani, Bulukumba — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus menggenjot program program mandiri benih untuk mendongkrak peningkatan sektor pertanian. Tahun 2023 ini program mandiri benih, menyalurkan 100 ton benih ke petani di Bulukumba.

Program prioritas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman ini sudah mulai berjalan. Benih yang dibagikan ke masyarakat minim penggunaan bahan kimia dan penangkaran dilakukan di Sulsel oleh Instalasi kebun benih milik Pemprov Sulsel bekerja sama dengan para petani penangkar.

Untuk Kabupaten Bulukumba, Gubernur Andi mengatakan akan menyalurkan sekitar 100 ton benih di tahun 2023.

“Tahun ini, insya Allah akan kembali disalurkan bantuan mandiri benih padi sebanyak 100 ton untuk ditanam pada lahan pertanian seluas 4 ribu hektar,” jelasnya.

Sementara itu,  Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Bulukumba, Muh. Nurjasman, mengaku, bahwa bantuan Mandiri Benih padi sangat membantu petani.

“Hasilnya, alhamdulillah, produksi petani yang sebelumnya hanya 5 ton (per hektar) bisa meningkat dengan adanya bantuan benih ini hingga 5,5 ton bahkan ada yang sampai 7 ton dan bisa berkelanjutan” ungkapnya.

Pada kesemoatan tersebut Nurjasman mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Sulawesi Selatan dalam hal ini Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, yang telah memberikan bantuan benih kepada petani Bulukumba melalui kegiatan Program Mandiri Benih TA 2022.

Reporter : Suriady

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini