21 Februari 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Tingkatkan Produktifitas, Petani-Nelayan Wajo Terima Bantuan Pompa Dan Konverter

Sinar Tani, Wajo — Menunjang sektor pertanian dan perikanan, Bupati Wajo, Amran Mahmud, mendampingi Anggota Komisi VII DPR RI, Andi Yuliani Paris, menyerahkan bantuan kepada masyarakat petani dan nelayan, Rabu (16/11).

Bantuan dari aspirasi legislator Senayan yang akrab disapa AYP itu berupa paket konverter (mesin pompa dan konverter) bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) untuk mesin pompa pertanian bagi petani Wajo di Kelurahan Paria, Kecamatan Majauleng. Sebanyak 1.667 paket diserahkan.

Sementara, bantuan paket konversi BBM ke BBG (mesin perahu dan konverter) untuk kapal penangkap ikan bagi nelayan Wajo diserahkan di tempat pelelangan ikan (TPI) 45, Kecamatan Tempe. Sebanyak 1.323 paket diserahkan.

Amran menjelaskan, untuk bantuan paket mesin pompa air dan konverter ini sebelumnya pada 2020 sudah diserahkan 1.141 paket. Bantuan tersebut juga dari aspirasi AYP. Total yang sudah didistribusikan untuk Wajo sebanyak 2.808 paket.

“Sementara, untuk mesin katinting dan konverter sebelumnya juga pada tahun 2018 hingga 2020, nelayan kita sudah dibantu mesin perahu dan konverter dengan total 2.534 paket. Sampai saat ini kita sudah dibantu sebanyak 3.587 paket,” kata Amran.

Menurut Amran, mesin dengan konverter ini bisa membantu menghemat biaya bahan bakar petani dan nelayan. Menggunakan BBG disebut bisa lebih irit.

“Masih banyak bantuan Ibu Andi Yuliani Paris yang lain untuk masyarakat Wajo, seperti jaringan gas rumah tangga, beasiswa, penerangan jalan umum tenaga surya, berbagai pelatihan pengembangan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), serta bantuan lainnya,” beber Ketua DPD PAN Wajo ini.

Amran pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas segala bantuan yang telah diberikan AYP untuk Wajo.

“Mari kita doakan beliau agar diberikan kesehatan dan tetap bisa memperjuangkan aspirasi kita, khususnya masyarakat Wajo di Senayan,” ujarnya.

Sementara, Anggota Komisi VII DPR RI, Andi Yuliani Paris, menyampaikan bantuan ini semuanya gratis.

“Bantuan ini diberikan tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat, menghemat biaya bahan bakar. Jadi, setelah diberikan konverter, jangan lagi pakai bahan bakar minyak yang akan membuat biaya bahan bakar lebih besar. Selain itu, dengan BBG tidak terlalu mengotori udara,” terang legislator dari Fraksi PAN ini.

Reporter : Suriady

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini