14 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Mulai Langka, Pangdam XIV/Hsn dan Wakil Ketua Komisi I DPR Tanam Ebony

Sinar Tani, Maros — Dukung kelestarian alam Sulawesi, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Dr. H. Abdul Kharis Almasyhari bersama Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han), melaksanakan penanaman pohon Ebony, di kawasan Wisata Alam Air Terjun Bantimurung, Kab. Maros. Selasa (18/07).

Keberaaan pohon Ebony yang mulai langka dan terancam punah di Sulawesi menjadi alasan kegiagan penanaman pohon yang dilakukan Tim Komisi I DPR RI bersama Pangdam XIV/Hasanuddin.

Diketahui kualitas kayu Ebony yang jauh lebih baik dari kayu jati menjadikannya sasaran penebangan yang dilakukan masyarakat. Dilain sisi tidak banyak yang menananm pohon Ebony ini sehingga membuat pohon khas Sulawesi ini kini sulit ditemui.

Mayjen Totok menginginkan pohon tersebut dapat dilestarikan sehingga pohon yang merupakan khas Sulawesi itu tidak punah. Ia pun berinisiatif memulai dengan melakukan penanaman di salah satu tempat wisata di Sulsel.

Kepala Taman Nasional Bantimurung Bulussaraung, T. Heri Wibowo, S.Hut., M.Eng., saat ditemui, sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan orang nomor satu di Kodam Hasanuddin tersebut.

Heri mengharapkan dengan penanaman pohon endemik khas Sulawesi tersebut, mampu memberikan contoh kepada masyarakat untuk melaksanakan gerakan menanan pohon di lingkungannya demi masa depan anak bangsa.

“Terima kasih Pak Pangdam dan Pak Kharis yang berkenan untuk melakukan penanaman pada hari ini, semoga nanti dipelihara dan hidup, sehingga nanti bapak ke sini lagi menengok dalam kondisi tumbuh dengan baik”, Harapnya.

Reporter : Suriady

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini