5 Maret 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Pupuk Organik Cair dari Rebung Bambu

SINAR TANI.CO.ID, Jakarta — Tanaman bambu lazim ditemui di Indonesia. Rebung atau tunas bambu yang masih muda kerap dimanfaatkan sebagai bahan makanan, namun Anda juga dapat menggunakan rebung bambu untuk pupuk organik.

Rebung mengandung hormon giberellin, sehingga mampu merangsang pertumbuhan tanaman secara cepat. Karena rebung bambu mengandung giberellin, maka pupuk organik cair dari rebung berfungsi untuk merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman.

Selain itu, rebung juga mengandung mikroorganisme yang berguna, yaitu azotobacter dan azospirillium. Untuk itu, rebung bisa juga di jadikan sebagai bahan dasar pembuatan mikroorganisme logal (MOL). MOL adalah bahan atau cairan yang mengandung mikro organisme hasil produksi sendiri dari bahan-bahan alami di sekeliling kita.

Bahan bahannya apa saja?Yuk disimak :

* 1,5 kg rebung bambu sebagai sumber bakteri
* 2,5 ons gula merah sebagai sumber glukosa
* 5 liter air cucian beras sebagai sumber karbohidrat
* Air kelapa secukupnya.
* Pisau untuk merajang atau bisa juga blender.
* Jerigen atau tong plastik yang volumenya dapat disesuaikan dengan MOL yang akan dibuat.

Intip caranya disini :

1. Bersihkan rebung, kemudian rajang halus atau diblender.

2. Masukkan rebung yang sudah dihaluskan ke dalam jerigen atau tong plastik.

3. Setelah itu, masukkan air cucian beras, baru masukkan air kelapa, kemudian diaduk rata.

4. Selanjutnya, jerigen atau tong plastik ditutup rapat dan dibuka setiap hari untuk menghilangkan gasnya.

5.Dapat juga tutup jerigen dilubangi tengahnya dan diberi selang. Ujung selang yang masuk ke dalam jerigen hanya sampai batas di atas bahan MOL, sedangkan ujung selang lainnya dimasukkan ke dalam botol yang telah diberi tiga perempat air hingga sampai ke dalam air untuk menghilangkan gas.

Baca Juga :   Hasil Melimpah dengan Cevya 400 SC, Inovasi Terbaru BASF untuk Petani

6.Dengan demikian, jerigen tidak perlu dibuka setiap hari. MOL sudah jadi dan bisa digunakan setelah 14 hari dan baunya wangi seperti tape.

Cara Penggunaan

Bila digunakan sebagai pupuk organik cair, tambahkan 1 liter MOL rebung ke dalam 15 liter air kemudian semprotkan ke daun secara merata.

Apabila digunakan sebagai dekomposer, tambahkan 1 liter MOL rebung ke dalam 5 liter air, kemudian siramkan secara merata pada bahan yang akan dikomposkan.

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini