14 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Kampoeng Etnik Kebumen, Menginap Sambil Berwisata Edukasi

Kamppeng Etnik, eduwisata di Kabupaten Kebumen | Sumber Foto:Julian

Sinar Tani, Kebumen—Kabupaten Kebumen selama ini mungkin bukan daerah destinasi wisata yang banyak dikunjungi kaum traveling. Namun demikian, jika sempat berkunjung ke kabupaten yang terletak di Pantai Selatan itu, ada beberapa lokasi menarik yang bisa dinikmati.

Bagi keluarga kecil yang mempunyai anak satu hingga dua orang, ada satu lokasi di Kebumen yang bisa memanjakan anak-anak untuk sekadar bermain. Namanya, Kamoeung Etnik. Lokasinya tak jauh dari pusat kota (alun-alun). Berada di Dukuh Legok, Legok Lor, Pejagoan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen. Dari alun-alun Kebumen jaraknya sekitar 500 meter.

Tempat wisata ini sebenarnya sebuah penginapan. Namun tempat ini juga disulap menjadi tempat wisata yang unik. Bagi pelancong dari luar kota bisa sekaling menginap di tempat wiasata tersebut. Soal tarif menginap? Tak mahal, masih terjangkau kantong.

Penginapan didesain seperti Bungalow. Range harga untuk sewa penginapan mulai  dari harga Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu/malam. Untuk penginapan VIP harganya antara Rp 300 ribu hingga 400 ribu/malam. Perbedaan harga antara hari biasa (week day) dan akhir pekan (week end) hanya Rp 25 ribu.

Karena tempat wisata ini sebenarnya adalah tempat penginapan, maka waktu operasional buka setiap hari dari senin sampai minggu. Jam operasionalnya juga mengikuti penginapan, yaitu 24 jam. Namun untuk permainan wahana dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Untuk yang tidak menginap, harga tiket masih cukup terjangkau. Tersedia beberapa jenis yang berbentuk paket untuk bisa memasuki wahana wisata. Paket 1 dengan harga Rp 10.000, Paket 2 harganya Rp 15.000 dan Paket 3 dengan harga Rp 20.000. Paket 3 menjadi favorit bagi para pengunjung, karena kita bisa sewa baju adat Jawa.

Ada beberapa wahana yang bisa dinikmati pengunjung. Kolam renang mungkin bisa menjadi lokasi favorit bagi anak-anak. Ada air tumpah dan wahana air lainnya. Terdapat juga Kids Zone Etnik untuk bermain bocil dengan tiket Rp 10 ribu bisa bermain sepuasnya. Bagi yang suka selfie. Kampung Etnik menyediakan lokasi berswa foto yang cukup banyak.

Baca Juga :   Dihadiri Bupati, Pesta Panen Masyarakat Desa Malimpung Meriah

Wisata ini semakin lengkap dengan adanya wahana pemeliharaan burung yang diberi nama Omah Manuk. Adanya Omah Manuk ini menjadi pemandangan dengan kesan berbeda. Kicauan burung-burung terdengar merdu dan menjadikan kesan alami dan menjadi lebih harmoni.

Lumbung Iwak merupakan sebuah wahana Aquarium yang bisa kamu nikmati keindahannya. Terdapat banyak Aquarium yang berisi ikan-ikan air tawar dan ikan laut. Wahana Aquarium ini bisa dibilang Sea World versi mini. Wahana ini tidak hanya memanjakan mata, tetapi juga bagus sebagai wahana edukasi untuk anak-anak.

Jika ingin bergaya dengan pakaian Jawa, pengunjung bisa menyewa pakaian adat. Bagi yang membeli tiket paket 3 bisa gratis. Tapi yang tidak membeli tiket paket 3, perlu mengeluarkan kocek untuk menyewa baju adat dengan biaya sewa Rp 5.000/orang. Baju yang disewa juga lengkap, mulai dari atas hingga bawah. Khusus untuk laki-laki disertai blangkon.

Berkeliling ke berbagai wahana, pasti membuat keroncongan perut. Di Kampung Etnik ada warung makan dan tempat ngopi. Konsep rumah makannya ’mangan sawarege’ atau makan sepuasnya. Harganya juga tak terlalu mahal. Spot kuliner ini menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk tempat nongkrong.

Lahan parkir juga cukup luas, bisa bisa menampung kendaraan besar seperti bus. Bagi kalian yang ingin membuat reservasi maupun menanyakan beberapa hal terkait penginapan dan tempat wisata bisa menghubungi pihak pengelola dengan nomor telpon 0811-1174-450.

Reporter : Julian

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini