21 Februari 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Bedda Lotong, Rahasia Kulit Glowing Wanita Bugis

Masker Bedda Lotong | Sumber Foto:ISTIMEWA

Sinar Tani, Jakarta — Kalian pasti udah pada tau kan kalau kulit yang glowing itu sekarang lagi jadi tren banget? Nah, ngomongin soal rahasia kulit glowing ala cewek Bugis, kalian wajib dengerin ini nih! Jadi, si cewek Bugis emang punya trik-trik keren buat dapetin kulit yang glowing alami, yaitu pakai Bedda Lotong.

Bedda Lotong (atau bedak hitam) ini emang jadi favorit banget di kalangan masyarakat Bugis, khususnya di Sulawesi Selatan, terutama di daerah Pinrang. Ternyata, tradisi lulur alami ini udah terkenal banget dan masih digunakan sama para wanita di sana.

Awalnya, bedda lotong ini kan cuma buat bangsawan aja, tapi sekarang udah nggak pandang bulu, bisa buat semua orang!

Wanita bangsawan dari suku Bugis memang dari kecil udah akrab banget sama bedak hitam, geng. Mereka biasa pakai bedak ini di wajah dan badan. Tapi tau nggak, seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini berubah. Sekarang, biasanya bedak hitam ini direservasi buat calon pengantin cewek, loh!

Pasangan pengantin cewek dari suku Bugis ini punya tradisi istimewa. Mereka wajib pake Bedda Lotong selama 30 hari sebelum hari pernikahan. Konon, bedak ini bisa bikin aura cantik sang pengantin semakin terpancar, pokoknya flawless abis deh!

Manfaat bedak hitam ini bener-bener luar biasa, soalnya penuh bahan alami yang nggak main-main. Ada ketan hitam, minyak zaitun, temu lawak, kunyit, dan kencur di dalamnya. Ada yang suka tambahin asem jawa, ada yang nggak, tergantung selera.

Tradisi lulur ini udah berumur panjang dan dipercaya turun-temurun. Tau nggak, namanya ‘bedda lotong’ itu datang dari bahan dasarnya, yaitu ketan hitam. Dulu-dulu, mereka percaya banget kalau lulur ini bisa bikin kulit putih dan bersih.

Baca Juga :   Tepung Sorgum, Gluten Free untuk Kue

Dan bukan cuma itu aja, ternyata bedda lotong juga punya banyak manfaat lain! Ini tuh bisa ngangkat sel kulit mati, bikin kulit makin putih, kencangin kulit wajah dan tubuh, menciutin pori-pori, sampe bikin kulit kelihatan cerah banget. Nggak heran, bedda lotong ini jadi incaran banyak orang!

Dulu, bedda lotong ini dibuat cuma buat pemakaian pribadi, tapi sekarang udah nggak lagi. Sekarang ini, produk kecantikan alami ini udah diproduksi dalam jumlah besar dan dijual ke seluruh penjuru Indonesia.

 

Reporter : NATTASYA

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini