5 Maret 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Mba Mut, Racik Singkong Jadi Jajanan Pasar Yang Mulai Langka

Sinar Tani, Jakarta — Olahan singkong seperti Cenil, Gethuk, Sawut, Tiwul dan sejenisnya kini mulai sulit ditemukan di ibukota.  Namun lewat jajanan pasar inilah, mbak Mut menyandarkan perekonian keluarga sejak 7 tahun lalu.

Wanita berusia 40 tahun yang tinggal di daerah Kampung Kandang Jakarta Selatan ini sehari hari menjajakan jajanan pasar di seputar Cilandak-Jagakarsa, mulai dari Cenil, Gethuk, Sawut, Tiwul, Lupis, Klepon,  dan Sawut.

Keluar pukul 8.00 WIB pagi Hingga pukul 12.00 WIB siang jajanan pasarnya selalu habis diburu Pembeli. Disamping Enak harga yang ditawarkannya pun cukup murah meriah yakni Rp. 5000, kalian sudah mendapatkan lengkap 7 Macam jajanan pasar yang langka ditemui saat ini.

“Ya lumayan saja sehari saya bisa dapat Rp.100-150 ribu, sudah bersih masuk kantong dan ini usaha saya sendiri, kalau Sabtu minggu saya jual di Kampung Kandang kalau Senin sampai Jumat saya muter saja,” ujarnya saat ditemui Sinartani.

Tahun 2015 Mba Mut sudah menekuni usaha jajanan pasar ini menurutnya Disamping jarang yang buat tidak ada saingan juga.

“Ya usaha apa saja dikerjakan selama itu halal, dan Alhamdulillaah banyak saja yang beli karena memang sudah langka kan makanan ini, selain itu biar orang kota juga tahu kalau kita punya makanan lokal berbahan dasar dari singkong,” ujarnya.

Menurut Mut ada dua gethuk yang dibuat olehnya gethuk putih dan hitam. Menurutnya gethuk paling susah dibuat dibanding jenis jajanan pasar lain.

“Untuk membuat gethuk sangat susah karena singkong perlu ditumbuk sampai benar-benar halus,” jelasnya.

Mbak Mut menambahkan tiwul dibuat dari tepung singkong galpek yang dicampur gula merah. Sementara cenil dibuat dari tepung singkong asli dengan rasa gurih. Tampilannya menarik karena dicampurkan pewarna makanan.

Baca Juga :   Temukan Wow Factor, Produk Pertanian Bisa Laris di Pasar Online

Sawut tak kalah unik. Jajanan ini dibuat dari singkong yang diparut lalu dikukus hingga matang. Sedangkan ketan hitam dibuat dari ketan yang juga dikukus. Semua jajanan pasar ini makin enak dinikmati dengan parutan kelapa, gula pasir dan saus gula merah.

Tertarik mencicipi? Seporsi jajanan pasar Buatan Mba Mut dijual Rp 5.000 per porsi. Selamat mencoba ya…!

Reporter : Echa

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini