5 Maret 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Musim Liburan Tiba, KKP Mulai Buka Aquarium Indonesia di Pangandaran

SINARTANI.CO.ID, Jakarta — Musim liburan akhir tahun telah tiba, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pun telah membuka sarana edukasi baru, Aquarium Indonesia di Pangandaran, Jawa Barat.

Aquarium Indonesia di Pangandaran, salah satu akuarium terbesar di Indonesia, secara resmi sudah mulai dibuka untuk masyarakat umum. Hal ini ditandai dengan diselenggarakannya soft opening sekaligus syukuran dan doa bersama untuk Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia, Sabtu (17/12), di Pangandaran.

“PIAMARI (Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute) saat ini telah bertransformasi menjadi Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia,” ujar Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), I Nyoman Radiarta, pada sambutannya saat soft opening tersebut.

Ia mengatakan, pengelolaan Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia dilakukan oleh BRSDM melalui Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK BLU) Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal yang diberikan fleksibilitas mengelola keuangan, bekerja sama dengan PT. Tridacna Banyu Lestari.

“Dengan adaya KSO (Kerja Sama Operasional) ini, maka dapat mengurangi beban pemerintah,” ungkap Nyoman.

Saat ini pihaknya masih terus melakukan berbagai perbaikan dan penyempurnaan hingga grand launching oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono pada beberapa bulan mendatang di Tahun 2023. Namun demikian, dengan adanya soft opening tersebut, saat ini masyarakat sudah dapat menikmati Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia. Ia berharap Aquarium Indonesia dapat bermanfaat sebagai konservasi dan edukasi bagi masyarakat luas dalam memperkenalkan ikan-ikan tropis air laut yang beraneka ragam.

Soft opening ini sengaja dikejar agar dapat dilaksanakan di Bulan Desember dalam rangka momentum menyambut libur Natal dan Tahun baru dan dilaksanakan di akhir pekan. Hal ini merupakan momen yang baik untuk dikunjungi para wisatawan.

Baca Juga :   KKP Kembangkan Kultur Jaringan Rumput Laut

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas soft opening Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia sebagai destinasi wisata baru di Pangandaran yang dapat meningkatkan perekonomian di kabupaten tersebut.

“Terima kasih KKP, mudah-mudahan tempat ini bermanfaat bagi KKP, Pemda, dan masyarakat semua,” ungkap Jeje.

Direktur PT. Tridacna Banyu Lestari Rika Sudranto mengatakan, Aquarium Indonesia memiliki akuarium silinder yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Selain itu Aquarium Indonesia juga memiliki view window terbesar di Indonesia. Pihaknya akan melengkapi sarana edukasi digital, dilengkapi layar sentuh, proyektor, dan sebagainya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono megapresiasi dan mendukung hadirnya Aquarium Indonesia di Pangandaran (sebelumnya bernama PIAMARI) pada saat mengunjungi akuarium raksasa tersebut tahun lalu. Ia berharap BRSDM terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan akuarium tersebut. Ia juga berharap dapat dibangun akuarium serupa di tempat lain, seperti di daerah Timur Indonesia.

Sebagai informasi pada saat soft opening Aquarium Indonesia dan Hotel Aquarium Indonesia, BRSDM juga melakukan Pembukaan Pelatihan Sertifikasi Kecakapan Nelayan (SKN) sebagai upaya sertifikasi bagi nelayan kecil dan awak kapal perikanan. Sebelumnya, pada hari yang sama dilakukan juga pelantikan taruna baru Angkatan VI Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran, salah satu satuan pendidikan tinggi KKP di bawah BRSDM, Tahun Akademik 2022/2023.

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini