14 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Tepung Sorgum, Gluten Free untuk Kue

Tepung sorgum | Sumber Foto:Istimewa

Sinar Tani,

Jakarta — Melansir dari The Spruce Eat, tepung sorgum memiliki rasa manis yang ringan serta tekstur yang lembut. Tepung ini dapat digunakan untuk membuat kue atau roti panggang yang bebas gluten. 

Tepung sorgum bisa menjadi alternatif tepung bebas gluten. Jika dibandingkan dengan tepung terigu, tepung sorgum memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Selain itu, tepung sorgum juga bebas gluten sehingga bagus untuk diet.

Tekstur dan kepadatan tepung sorgum mirip seperti tepung terigu serbaguna. Oleh karena tepung ini bisa membantu mengikat kelembapan adonan roti dan membuatnya berpori.

Dari segi warna, tepung ini berwarna putih tulang atau krem dengan tektur lembut dan sedikit menggumpal. Meski begitu tepung sorgum mudah menyatu dengan tepung lainnya jika diaduk dengan baik.

Tepung sorgum cocok digunakan untuk membuat brownies, cookies, waffle, maupun mufin. Selain itu bisa juga digunakan sebagai tepung pelapis atau breading untuk makanan yang digoreng. Penggunaan tepung sorgum juga membuat gorengan renyah dan beraroma.

 

Reporter : Nattasya

 

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini