25 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Kolaborasi BRSDM KP dan Pemda Barru, Kembangkan Desa Perikanan Cerdas

Sinar Tani, Barru Tingkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir, Pemerintah Kab Barru dengan Badan Riset, Penyuluhan dan pengembangan SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan penanda tanganan kerjasama Memorandum of Undarstanding (MoU) Smart  Fisheries Village (Desa Perikanan Cerdas).

Sekretaris Daerah (Sekda)  Kab Barru Dr. Ir. Abustan M. Si mengatakan Smart  Fisheries Village (Desa Perikanan Cerdas) merupakan konsep pengembangan desa perikanan dan satuan kerja yang berbasis pada penerapan bibit unggul, penerapan teknologi informasi, dan manajemen tepat guna.

“Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan desa akan lebih maju, modern, dan berkelanjutan, untuk menjadi desa yang mandiri sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Abustan mengatakan walaupun konsep Desa Perikanan Cerdas ini Core Businessnya di sektor perikanan, akan tetapi kedepannya akan terjadi program dan kegiatan yang terintegrasi di dalamnya. Bisa jadi sektor lain seperti perikanan, pariwisata, pekerjaan umum dan lainnya juga berkontribusi.

Diketahui, Desa Perikanan Cerdas atau Smart Fisheries Village (SFV) merupakan salah satu kegiatan unggulan di BRSDM KP dalam rangka mendukung program-program prioritas kementerian Kelautan dan Perikanan untuk ekonomi baru.

Reporter : Suriady

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini