14 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Belajar Urban Farming, DPRD Kepulauan Babel Ke DKPKP DKI Jakarta

Sinar Tani, Jakarta — DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan kunjungan kerja ke Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Kamis (10/2). Rombongan dipimpin Wakil Ketua DPRD Kepulauan Bangka Belitung Hendra Apollo.

Hendra mengatakan ketergantungan produk pertanian dan pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terhadap daerah lain sangat tinggi. Karena itu dengan adanya kunjungan ini, Hendra ingin belajar dari bagaimana upaya Pemerintah DKI Jakarta dalam mengatasinya

Pada kesempatan tersebut, Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta menyampaikan kegiatan pertanian perkotaan (urban farming) di DKI Jakarta berpedoman pada Desain Besar Pertanian Perkotaan 2018-2030 dan Instruksi Gubernur Nomor 14 Tahun 2018 tentang pelaksanaan Pertanian Perkotaan.

Tidak hanya itu, pada kegiatan tersebut Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta juga bertukar informasi seputar olahan produk hasil pertanian serta pemasaran hasil budidaya pertanian yang telah dilakukan oleh penggiat urban farming di DKI Jakarta.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengedukasi warganya dalam membangun pertanian di perkotaan.

“Puas dan rasa ingin belajar lagi, apalagi terkait intruksi Gubernur yang kedepannnya akan menjadikan peraturan Gubernur terkait program pertanian yang melibatkan setiap unsur Perangkat Daerah,” Ujar Hendra.

Selain itu Hendra mengatakan dalam waktu dekat ia akan membawa Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beserta Komisi II yang membidangi pertanian untuk belajar dan menjadikan program tersebut menjadi pilot projek jangka panjang di Bangka Belitung kedepannya.

Reporter : Indri 

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini