22 Mei 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Dinas KPKP DKI Jakarta Kembangkan Urban Farming Di Rusunawa

Sinar Tani, Jakarta — Sosialisasi urban farming (pertanian perkotaan) dilakukan Dinas KPKP DKI Jakarta. Kali ini sosialisasi dilakukan kepada penghuni Rusunawa Marunda, Kelurahan Marunda Kecamatan Cilincing,  Jakarta Utara.

Dinas KPKP DKI Jakarta berkolaborasi dengan Pengelola UPRS II Dinas PRKP menyelenggarakan kegiatan pembinaan pengembangan urban farming, Kamis (22/12). Kegiatan diikuti kurang lebih 30 warga Rusunawa Marunda dan Kelompok Tani Rusunawa Marunda.

Kepala Bidang Pertanian menyampaikan bahwa Rusunawa Marunda berpotensi untuk dikembangkan kegiatan urban farming (pertanian perkotaan) dan dapat menjadi percontohan kegiatan pertanian bagi rusun lainnya.

Lahan  di sekitar bangunan Rusun selain untuk budidaya sayuran hidroponik dapat juga ditanami  cabe, pisang dan tanaman buah lainnya.

Presiden Direktur PT Hydrofarm Indonesia, Wirawan Hartawan sebagai narasumber memberikan materi terkait potensi pemasaran pengembangan hidroponik dan memberikan motivasi kepada para peserta dan pengelola rusun yang hadir.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan praktik semai yang dibimbing S Widodo dari  Tim Hydrofarm  Indonesia.

Pada kesempatan ini, Dinas KPKP juga memberikan 1.000 bibit cabai rawit, 50 kantong trichocompos produksi UPT Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman.

Bantuan lainnya meliputi aneka benih sayuran, selang air, pot plastik, nutrisi AB mix, dan rockwool.

Kepala UPRS II Marunda, Uye Yayat Dimyati mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP dan Dinas PRKP kepada masyarakat warga Rusun untuk  melakukan kegiatan pertanian baik budidaya hidroponik dan pertanian konvensional.

“Terimakasih kepada jajaran Dinas KPKP, Sudin KPKP Jakarta Utara yang telah mendukung dan menfasilitasi kegiatan ini bersama PT Hydrofarm Indonesia sebagai narasumber. Semoga kegiatan pembinaan ini bermanfaat dan dapat menambah semangat warga Rusunawa Marunda untuk melakukan kegiatan pertanian” tuturnya.

Baca Juga :   Petani Cilacap Panen Jagung Hibrida Varietas Juara NK 7202

Adanya pembinaan ini diharapkan juga dapat menginspirasi warga rusun dan pengelola rusun untuk terus semangat melakukan kegiatan pertanian perkotaan.

Reporter :  Indri

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini