21 Februari 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Kendalikan Inflasi Pangan, Perwakilan BI Pematang Sinantar Dorong Urban Farming

Sinar Tani, Pematang Siantar — Kendalikan inflasi pangan, Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar membagikan bibit sayuran untuk pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) ke beberapa kabupaten di Sumatra Utara

Kegiatan yang merupakan rangkaian dari Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) ini bertujuan untuk memperkuat pengendalian inflasi di wilayah Kantor Perwakilan Bank Indonesia  Pematang Siantar.

Dalam acara yang dilaksanakan  di Tugu Becak Siantar  jalan Merdeka,Dwikora Kota Pematang Siantar ini , Walikota Siantar dr Susanti Dewayani Sp.A mengatakan gerakan urban farming merupakan gerakan nasional dalam pengendalian inflasi pangan, guna untuk memperkuat pengendalian inflasi Nasional dan Provinsi Sumatera Utara.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar, Teuku Munandar menyampaikan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa di level Provinsi, laju pergerakan inflasi Sumatera Utara pada level Agustus 2022 tercatat 5,39% atau masih berada di atas rata-rata yang sebesar 4,69%.

“Komoditas yang nenjadi penyumbang inflasi tahun 2022 adalah daging ayam, cabai, rokok, ikan dencit, tomat dan bawang merah,” tegasnya.

Ditambahkan Teuku Munandar, keberhasilan kegiatan urban farming ini tidak terlepas dari pendampingan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Karena itu Pemerintah Kabupaten/Kota melibatkan Penyuluhnya, yang juga akan di laksanakan pelatihan.

Pada acara tersebut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar, Teuku Munandar membagikan bibit untuk Program Urban Farming. Yaitu kepada daerah di wilayah kerja BI Pematang Siantar meliputi  Kota Siantar, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Batubara, Kota Tanjungbalai dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Masing-masing Kabupaten/kota mendapat 7.700 polibag cabai merah, 3.500 polibag cabai rawit, 770 polibag sawi hijau dan 770 polibag tomat.

Selain itu juga ditandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Kerjasama Antar Daerah (KAD) antara Pemkot Sinatar dengan Pemerintah Kabupaten Simalungun

Baca Juga :   Berpotensi Dibentuk P4S/P2L, Sejumlah Warga Jakarta Dilatih Urban Farming

Hadir di acara tersebut Sekda Labuhanbatu Selatan Heri Wahyudi, bersama Ibu PKK begitu juga Ketua Deskranasda Pematang Siantar, perwakilan PKK Simalungun, PKK Batu Bara, PKK Tanjung Balai dan juga Penyuluh Pertanian Siantar dan Simalungun.

Reporter : Istansu

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini