15 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Panen Jagung Manis, Kalapas Kalabahi Dukung Program Alor Kenyang

Panen Jagung Manis Lapas kalabahi ALor

Sinar Tani, Alor — Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Kalabahi, Alor melakukan panen perdana jagung manis di lahan asimilasi dan edukasi Lapas Kalabahi. Kegiatan yang dilakukan di penghujung tahun 2022 tersebut menjadi wujud nyata Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan mendukung program Alor Kenyang.

Kegiatan panen bersama, dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Alor, Yustus Dopong Abora yang didampingi Kelompok Jabatan Fungsional Ponciano Correia, berserta wargabinaan asmilisai lapas Kelas IIB Kalabahi.

Kalapas menyampaikan terimah kasih kepada Kepala Dinas Pertanian Kab. Alor karena sudah meluangkan waktu untuk hadir dalam kegiatan panen bersama.

Selain itu kapalas juga menyampaikan bahwa kegiatan pertanian di lahan asimilasi seluas 0,5 ha yang ditanami jagung manis varietas Bonansa F1 ini dilakukan oleh warga binaan dengan pendampingan dari penyuluh pertanian Ponciano Correia.

“Selain menjadi sarana asimilasi dan edukasi bagi para warga binaan, lahan ini  akan dijadikan sebagai agrowisata dengan gazebo sebagai tempat para pengunjung beristirahat sejenak untuk menikmati kehindahan tanaman yang kedepannya akan dibuat bervariasi,” ungkapnya.

Selain jagung rencananya di lahan tersebut juga akan ditanami berbagai tanaman hortikultura seperti kangkung, bayam, terong, lombok, tomat, kacang panjang serta tanaman buah seperti semangka dan melon.

“Kami berharap kedepan lahan pertanian yang terletak di Kelurahan Kalabahi Timur, Kec. Teluk Mutiara secara berlahan dapat memberdayakan warga binaan dan menjadi tempat kunjungan masyrakat Alor,” ungkapnya.

Sementara itu Kadis Pertanian Kabupaten Alor, Yustus Dopong Abora mengatakan siap mendukung seluruh program lapas di bidang pertanian. Karena kegiatan tersebut dapat berkontribusi besar pada kemajuan sektor pertanian.

Yustus juga mengucapkan terimah kasih kepada Kalapas, Yusup Gunawan dan jajaran yang sudah memberdayakan warga binaan dalam rangka mendukung program Bupati “Alor Kenyang”.

Baca Juga :   Belajar Budidaya Bawang Merah, Penyuluh BPP Sudiang Makassar Kunjungi Enrekang

“Saya berharap lahan pertanian lapas kelas IIB Kalabahi dapat berkelanjutan, semakin produktif dan dijangkau masyarakat,” tambahnya.

Jagung hasil panen selain dipasarkan kepada pegawai lapas juga dipasarkan kepada masyarakat yang berkunjung ke lahan tersebut.

Reporter : Ponciano

 

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini