5 Maret 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Peringati Hari Santri, Pemprov DKI Jakarta Bagikan Saprotan Ke Pesantren

Sinar Tani, Jakarta — Dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden RI, Bpk Joko Widodo, terkait isu krisis pangan yang semakin meningkat serta implementasi UU No 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP memberikan bantuan sarana produksi pertanian berupa rak hidroponik dan bibit kepada pondok pesantren di DKI Jakarta

Fasilitas sarana produksi pertanian diberikan pada 25 pondok pesantren yang ada di DIKI Jakarta, dan akan ditingkatkan jumlahnya pada tahun 2023.

Penyerahan Bantuan Sarana Pertanian Perkotaan (Urban Farming) secara simbolis dilakukan Penjabat Gubernur DKI Jakarta bersamaan dengan Upacara Peringatan Hari Santri di Pondok Pesantren Al-Hamid Putra, Jl. Cilangkap Baru No. 1 RT 12 RW 2, Kel. Munjul, Kec. Cipayung, Jakarta Timur.

Pada kesempatan tersebut, Penjabat Gubernur DKI Jakarta didampingi Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta,  dan Ka. Biro Dikmental Setda DKI Jakarta.

Optimalisasi pemanfaatan lahan untuk produksi pangan harus terus ditingkatkan kepada seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali Pondok Pesantren.

Edukasi tentang pentingnya kemandirian pangan bagi santri diharapkan dapat membantu kemandirian pangan,  peningkatan ekonomi, pelestarian lingkungan dan pencegahan stunting di DKI Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  berkomitmen untuk memberikan perhatian dan dukungan kepada pondok pesantren agar lebih mandiri dan maju.

Pada kesempatan tersebut juga diakukan penanaman pohon buah-buahan unggul Jakarta seperti duku condet, rambutan rapiah, alpukat cipedak, mangga garifta dan jambu jamaika.

Diharapkan bantuan yang telah diterima oleh Pondok Pesantren dapat meningkatkan pengetahuan bagi para santri dan pengelola pesantren dalam melakukan kegiatan budidaya pertanian, meningkatkan penghijauan serta meningkatkan ketahanan pangan di lingkungan Pesantren.

Baca Juga :   Belajar Bisnis Alpukat Di Specta Farm Ciapus

Reporter : Indri

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini