5 Maret 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Petani Cilacap Panen Jagung Hibrida Varietas Juara NK 7202

Petani jagung di Cilacap rayakan panen jagung hasil kerjasama dengan perusahaan swasta | Sumber Foto:Wasis

Sinar TaniCilacap–Petani di Kabupaten Cilacap yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Mekarsari Desa Jambusari, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap menggelar panen Jagung Hibrida varietas Juara NK 7202 seluas 350 ubin.

Kegiatan panen Jagung dihadiri Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Ir. Mlati Asih Budiarti. Dirinya mengungkapkan, petani saat ini di posisi yang baik karena jagung, khususnya  bahan pakan ternak harganya stabil.

Karena itu ia mendorong petani memanfaatkan lahan kering untuk di tanami jagung. Seperti, Poktan Mekarsari yang berkerjasama dengan pihak swasta PT Syngenta NK Seeds Indonesia sebagai produsen bibit jagung unggul.

“Kami Dinas Pertanian sangat mendukung budidaya jagung, dengan pendampingan dan binaan melalui PPL. Sekaligus sebagai langkah, untuk mendukung swasembada jagung di tingkat Nasional. Juga berterimakasih kepada pihak Managemen PT Syngenta NK Seeds Indonesia yang sudah bekerjasama dengan Poktan Mekarsari,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu, diadakan demo alat penanam jagung. Dilanjutkan demo alat pemipil jagung menggunakan mesin penggerak diesel kapasitas besar juga mesin penggerak dinamo listrik kapasitas kecil. Untuk melengkapi pemanfaatan pasca panen, simulasi pembuatan pakan ternak dengan dibuat silase atau permentasi.

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Mekarsari Ratim bersama Pengurus Bahrudin mengucapkan terimaksih kepada pihak Managemen PT Syngenta NK Seeds Indonesia atas kerjasamanya dalam bidang budidaya jagung di lahan garapan Poktan Mekarsari. Petani telah mendapat bantuan benih serta memfasilitasi acara panen jagung.

“Kami berterimakasih kepada pihak Managemen PT Syngenta yang telah kerjasama dengan anggota Poktan Mekarsari, dalam menanam Jagung Hibrida varietas Juara NK 7202. Lahan garapan seluas 350 ubin dengan bibit yang ditanam dari pihak PT Syngenta,” paparnya Bahrudin, saat didampingi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Balai Penyuluhan (BP) Jeruklegi, Andiyanta.

Baca Juga :   Produk Hortikultura Cilacap Siap Masuk Mall

Dalam penjelasannya pihak Managemen PT Syngenta NK Seeds Indonesia Arman Hari Murti, SP mengatakan, promosi bibit jagung di masa sekarang dengan cara mengedukasi para petani dalam tahapan budidaya tanaman Jagung. Juga diberikan pemanfaatan pasca panen, mulai dari pohon jagung dan janggelnya dijadikan pakan ternak.

Batang dan Janggel Jagung dicacah kemudian dicampur bahan tambahan serta probiotik untuk difermentasi atau dibuat silase. Selain itu, olahan makanan ringan yang dibuat dari bahan Jagung seperti Tortilla dengan berbagai rasa.

“Kami edukasi sekaligus pemberdayaan para petani, dari mulai budidaya serta pengolahan makanan berbahan jagung. Dengan kegiatan ini agar petani dapat mengambil manfaat lebih dan nilai tambah dari hasil panen jagungnya,” jelasnya.

Arman mengatakan, sebagai perusahaan penyedia bibit Jagung PT Syngenta NK Seeds Indonesia berharap petani memanfaatkan lahan kering hamparan perbukitan.  Serta mengarahkan petani agar dapat mengelola pertanian secara benar dan baik dari hulu sampai hilir.

“Petani pintar dalam pemilihan benih Jagung agar panen jagungnya maksimal.  Varietas Jagung yang ditanam ini, varietas terbaru NK Juara dengan kelebihan benih ini tahan bulai dan tahan busuk batang serta hasil panennya tinggi,” harapnya.

Sedangkan, untuk olahan berbahan Jagung bekerjasama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Wana Asri Desa Jeruklegi Wetan, Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap. Hasil produksinya berupa makanan ringan Tortilla yang merupakan produk olahan berbahan jagung.

“Wanita tani dengan membuat Tortilla sebagai cara pemberdayaan dengan tujuan untuk menguatkan kolaborasi dengan petani dalam cara promosi produknya,” ujarnya.

Reporter : Wasis

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini