25 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Stand Perbenihan Hortikultura Curi Perhatian Pengunjung Alun-Alun Depok

Sinar Tani, Depok — Direktorat Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian RI turut andil dalam memeriahkan tasyakuran puncak HUT Alun-Alun Kota Depok ke-3 yang digelar Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Hutan Taman Kota (Hutara) Depok, Minggu (26/2).

Hujan tak menyurutkan pengunjung untuk tetap hadir dalam perhelatan milad Alun-Alun kota Depok. Acara diawali dengan senam bersama walikota Depok Muhammad Idris yang diikuti ratusan peserta..

Hadir dalam acara tersebut Direktur Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian. Dr. Inti Pertiwi Nashwari, SP, MSi, Ketua Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD), Lintang Yuniar, sejumlah kepala perangkat daerah serta para peserta lomba video dan fotografi.

Dalam sambutannya, Walikota Depok sangat mengapresiasi atas dukungan Kementerian Pertanian khususnya direktorat perbenihan hortikultura yang memberikan support dengan membagi 2500 benih buah dan berbagi sayuran segar dalam acara tersebut.

“ Yang saya hormati Ibu Dr. Inti Pertiwi, Direktur Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian RI. Nanti hadirin semua akan mendapatkan hadiah berupa pohon buah yaitu buah durian, lengkeng, jambu air dan jambu kristal. Juga pembagian sayuran dan saya pilih cabe karena mahal diantara yang disebut “ ucap Walikota antusias.

Sebelumnya ada beberapa kegiatan mengawali rangkaian acara HUT, antara lain lomba fotografi tingkat pelajar, lomba videografi tingkat umum tentang profil alun-alun. Sedangkan donor darah oleh PMI Kota Depok mencapai 50 pendonor sedang dilaksanakan di gedung Galery.

“ Saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan ribuan terima kasih, HUT Taman Alun-Alun Kota Depok memang baru kita rayakan tahun ini. Karena waktu berdiri kita resmikan 12 Januari 2020, saat itu ada pengumuman dari Pak Presiden tanggal 2 Maret, warga Depok terkonfirmasi Covid-19,” kata Walikota yang juga berencana akan membangun taman alun-alun hutan kota di sebelah barat Kota Depok.

Baca Juga :   Panen Jagung Manis, Kalapas Kalabahi Dukung Program Alor Kenyang

Sejumlah kegiatan ikut meramaikan suasana perhelatan tersebut. Namun yang paling mencuri perhatian adalah stand dari Direktorat Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian. Tiga stand diserbu ribuan pengunjung lantaran adanya pembagian benih tanaman buah antara lain Durian Bawor, Lengkeng, Jambu Air, dan Jambu Kristal. Selain bagi-bagi benih unggul, juga dibagikan secara gratis sayuran segar dengan antrian yang cukup panjang.

Antusias pengunjung terlihat dari banyaknya antrian dan tak terbendung. Sehingga setelah acara simbolis dengan walikota di stage, benih segera dibagikan.

Menurut Direktur Perbenihan Hortikultura, Inti Pertiwi, benih yang disiapkan adalah benih buah-buahan favourite yang bermutu.

Seperti durian, lengkeng, rambutan, jambu air, dan jambu kristal. Durian bawor diambil dari Purworejo sedang Lengkeng ia pilih Lengkeng Kateki. Sementara untuk 3000 an pack sayuran diambil dari petani binaan daerah Cianjur yang panen malam hari dan dibawa ke lokasi.

“Kami dari Direktorat Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian, hari ini memang membagikan 2500 benih buah-buahan favorit. Karena ada durian, lengkang, jambu dan rambutan. Dan antusias masyarakat yang mengantri cukup banyak sehingga setelah simbolis langsung dibagikan ,” ujar Inti Pertiwi.

Menurut Inti, pihaknya sedang menggalakkan pertanaman di pekarangan agar masyarakat bisa belajar merawat tanaman. Sementara pilihannya adalah benih tanaman buah karena menurut Inti buah-buahan relatif lebih mudah dibandingkan sayuran dan seranga hama penyakitnya tidak berlebih.

“Saat ini kita sedang menggalakkan pertanaman di pekarangan. Jadi kalau ada pertanaman di pekarangan, masyarakan bisa coba merawat tanaman. Dan tidak sulit kok, buah buahan ini relatif lebih mudah dibandingkan dengan sayuran, karena serangan hama penyakitnya tidak berlebih,” ujarnya.

Inti berharap benih yang diberikan akan berbuah dalam waktu 2-3 tahun sehingga masyarakat bisa panen buah dari pekarangan sendiri.

Reporter : Dede

 

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini