25 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

BPDPKS Gelar Gebyar UKMK Berbasis Sawit

Sinar Tani, Yogyakarta — BPDPKS mengadakan kegiatan Gebyar UKMK berbasis sawit  dalam mendukung UKMK sawit Go International. Kegiatan diikuti  UKMK Mitra BPDPKS yang merupakan UKMK sawit mewakili Asosiasi Petani Sawit diantaranya  ASPEKPIR, Apkasindo, Apaksindo Perjuangan, SPKS dan Samade. Juga hadir Santriprenur UKMK Sawit, UKM Batik Sawit termasuk mitra UKM dari berbagai Perguruan Tinggi.

Kegiatan yang dilaksanakan 28 Juli – 30 Juli 2023 di Ambarukmo Plaza Yogyakarta ini dilaskanakan berbagai kegiatan. Meliputi Pameran UKMK Sawit, Talkshow, Lomba Sawit dan Entertainmen untuk mempromosikan kebaikan-kebaikan sawit.

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) memiliki misi menjalankan kebijakan Pemerintah dalam program pengembangan sawit berkelanjutan melalui penghimpunan, pengembangan, dan penyaluran dana sawit yang terpadu dan tepat guna, secara profesional dan akuntabel.

Untuk kepentingan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Penelitian dan Pengembangan, Promosi, Peremajaan, Sarana dan Prasarana, Pemenuhan Kebutuhan Pangan, Hilirisasi Industri Perkebunan Kelapa Sawit, Penyediaan dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati.

Kinerja BPDPKS didasarkan pada kemampuan menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana. Dana yang disalurkan akan memberikan dampak bagi peningkatan kinerja sektor sawit Indonesia.

Dalam struktur organisasi BPDPKS juga terdapat direktorat yang memilliki tugas dalam menjalankan kegiatan kemitraan.  Salah salah satunya adalah menjalankan  fungsi kemitraan dengan (UKMK) Usaha Kecil Menengah dan Koperasi.

Pada tahun 2023 sampai Juli  2023  berbagai kegiatan kemitraan UKMK BPDPKS antara lain Pameran dan Talkshow Sinergi Pemberdayaan UKMK Kemenkeu Satu di Kalimantan Barat di Pontianak.

Pameran dan Talkshow Sinergi Pemberdayaan UKMK Kemenkeu Satu di Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Partisipasi Santripreneur UKM Sawit  BPDPKS dalam BLU Expo di Jakarta, Dukungan Sawit Learning Centre BPPK Riau.

Baca Juga :   Hingga Akhir Tahun, Kementan Pastikan Pasokan Beras Aman

Partisipasi UKM Sawit mitra BPDPKS  dalam Asean Finance Minister Meeting di Bali, Partisipasi UKM Sawit Mitra BPDPKS dalam PAStival Fair di Jakarta, Workhop Pengolahan Sawit untuk Pra CPO bekerjasama dengan BRIN di Kaltim dan Bangka Belitung

Workhop Santripreneur UKMK Sawit  Kerjasama dengan APKASINDO untuk mendukung PSR di Sumbar dan Sumsel, Workshop UKMK Sawit Kerjasama dengan Aspekpir di Kalbar dan Sumut, Promosi sawit sehat bagi UKMK di Jatim Jateng dan Jakarta

Partisipasi Pameran produk  UKM Sawit Mitra BPDPKS di ITSI Medan, dan Partisipasi Pameran produk  UKM Sawit Mitra BPDPKS di Indonesia City Expo di Makassar.

Apresiasi  yang diterima terhadap berbagai kegiatan kemitraan UKMK BPDPKS antara antara lain Sawit Award tahun 2022 untuk Kategori Program Penguatan UKMK dan Petani Sawit dari Majalah Sawit Indonesia, Indonesia CSR Award 2021 untuk Program Koperasi dan UKM sawit dari Warta Ekonomi, dan Program Kemitraan UKMK Santripreneur Berbasis UKMK sawit dalam Milenial Syariah Festival 2021 dari Warta Ekonomi.

Dalam kegiatan Gebyar UKMK berbasis sawit  dalam mendukung UKMK sawit Go International  juga melibatkan media untuk turut serta mengkampanyekan dan memyebarkan kebaikan-kebaikan sawit khususnya untuk mempromosikan manfaat sawit bagi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi.

Dalam Seremoni pembukaan dihadiri oleh Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta (Agung Yulianta), Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana/Plt Direktur Kemitraan BPDPKS (Kabul Wijayanto), Kepala Divisi UKMK BPDPKS (Helmi Muhansyah), Kepala Divisi SDM dan Umum  BPDPKS (Adi Sucipto), Perwakilan Dinas di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Ketua-ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit, Perwakilan UKMK wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Media Massa dan Mahasiswa Beasiswa BPDPKS

 

 

 

 

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini