16 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Kesempatan Terbuka Beasiswa Sawit

Webinar Beasiswa sawut kerjasama Tabloid Sinar Tani dengan Poltek Kelapa Sawit CWE dan BPDPKS | Sumber Foto:SInta

Sinar Tani, Bekasi—Komoditas sawit menjadi andalan pemerintah mengisi kocek negara. Karena itu, pengembangan SDM di dunia sawit menjadi faktor pendorong mempertahankan Indonesia sebagai nomor wahid produksi minyak sawit dunia.

Salah satu program yang pemerintah dorong melalui Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) adalah beasiswa untuk pelaku usaha perkebunan, khususnya anak-anak pekebun sawit. Bagi Rizki Ardiansyah, salah seorang mahasiswa Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE), mendapatkan bea siswa menjadi sebuah keberuntungan baginya.

“Beasiswa ini telah membuka banyak sekali pintu pintu dan kesempatan yang sebelumnya sangat sulit bagi kami untuk mengakses,” ujar Rizki yang kini kuliah di Prodi Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit Angkatan 2021.

Rizki yang berasal dari Desa Hajoran, Kecamatan Sungai Kanan, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Sumatra Utara ini ia mengakui, umumnya penerima beasiswa sawit di Poltek Sawit CWE ini berasal dari desa pendalaman  yang akses informasi juga terbatas. “Dengan adanya beasiswa ini, kami mampu mendapatkan akses sumber daya yang lebih luas, seperti buku, jurnal dan pengalaman dari para ahli bidangnya,” tambahnya.

Karena itu ia berharap dengan beasiswa untuk anak-anak yang orangtuanya bekerja di perkebunan sawit dapat meningkatkan potensi diri untuk mendukung pengembangan komoditas perkebunan terbesar di Indonesia ini.

Anak Pekebun

Kepala Divisi Program dan Pelayanan BPDPKS, Arfie Thahar mengatakan, dalam pengembangan SDM kelapa sawit diatur dalam Pepres No. 66 Tahun 2018. Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan, profesionalisme, kemandirian dan dedikasi pekebun, tenaga pendamping dan masyarakat kelapa sawit lainnya. Pemerintah telah menyiapkan empat program yakni, pelatihan, pendidikan, penyuluhan, pendampingan dan fasilitasi.

”Hingga tahun ini program yang baru bisa dijalankan adalah pelatihan dan pendidikan. Mungkin nanti Ditjen Perkebunan bisa menyiapkan program untuk penyuluhan, pendampingan dan fasilitasi,” kata Arfie saat Talkshow Hybrid: Peningkatan SDM dan Nilai Tambah melalui Bea Siswa dan Riset Sawit yang diselnggarakan Tabloid Sinar Tani bekerjasama dengan BPDPKS dan Politeknik Citra Widya Edukasi di Bekasi, Kamis (16/3).

Baca Juga :   Sukses jadi Peng-Angguran

Untuk pengembangan SDM, Arfie menjelaskan, BPDPKS memberikan bantuan dalam bentuk beasiswa kepada anak-anak perkebunan kelapa sawit atau anak-anak masyarakat di sekitar perkebunan sawit. Bentuknya dalam pemberian pelatihan-pelatihan yang bersifat teknis dan nonteknis bagi pekebun kelapa sawit.

Arfie mengatakan, pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendidikan sudah diatur Keputusan Dirjen Perkebunan No. 130 Tahun 2022. Penerima manfaatnya adalah, pekebun, keluarga pekebun, SDM lainnya yang terkait dengan perkebunan sawit seperti ASN yang bekerja pada usaha budidaya dan atau pengolahan kelapa sawit.

Selain itu yang bisa mendapatkan pelatihan adalah keluarga karyawan atau pekerjaan pada usaha budidaya dan pengolahan hasil perkebunan sawit yang terdiri dari anak istri atau suami. Pengurus atau anggota koperasi juga bisa mendapatkan pelatihan dan pendiikan. “Jadi inilah sasaran-sasaran yang bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan pelatihan,” katanya.

Untuk bea siswa sawit, Arfie mengungkapkan, program tersebut diberi bagi anak-anak pekebun, keluarga pekebun, penyuluh, tenaga pendamping, Aparatur Sipil Negara  dan anak-anak masyarakat yang  tinggal di sekitar kebun. ”Mereka bisa mengikuti pendidikan program Diploma 1 dan 4 dan program Strata 1,” ujarnya.

Siapa saja yang bisa mendapatkan bea siswa sawit? Arfie mengatakan, proses seleksi ada di Ditjen Perkebunan. BPDPKS hanya menetapkan lembaga pendidikan yang akan menerima calon mahasiswa. ”Calon peserta yang mendaftar secara daring akan diseleksi Ditjen Perkebunan dan menetapkan penerima dana bea siswa,” katanya.

Kampus mana saja yang menerima beasiswa sawit? Baca halaman selanjutnya.

Bagi sahabat Sinar Tani yang ingin ingin mendapatkan materi dan e paper bisa diunduh di link bawah ini.

Link Materi :  Klik Disini !!!

Link E sertifikat : Klik Disini !!!.

Link Sertifikat Berdasarkan Nomor Urut  : Klik Disini !!!.

 

Reporter : Julian

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini