5 Maret 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Gandeng Pemda, Bulog Optimalkan Serap Hasil Panen

Direktur Bisnis Perum BULOG Febby Novita BULOG dan Bupati Bondowoso Salwa Arifin pada Kamis (3/11).saat berkunjung ke gudang Bulog | Sumber Foto:Bulog

Sinar Tani, Bondowoso—Perum Bulog bersama Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan Bojonegoro akan mengoptimalkan penyerapan gabah petani hingga menjaga stabilisasi pangan. Kesepakatan itu ditekendi Bondowoso antara Direktur Bisnis Perum BULOG Febby Novita BULOG dan Bupati Bondowoso Salwa Arifin pada Kamis (3/11). Sehari sebelumnya, Rabu (2/11) juga diteken MoU dengan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awana.

Sebagai perusahaan yang mengemban tugas untuk melaksanakan 3 pilar ketahanan pangan, yakni ketersediaan, keterjangkauan dan stabilisasi harga, Perum BULOG sangat concern untuk menciptakan ekosistem yang kondusif di masyarakat untuk mengakses pangan. Wiujudnya dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara BULOG dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan Bondowoso di wilayah masing-masing dalam penyediaan, pendistribusian dan stabilisasi produk pangan di wilayah tersebut.

Febby Novita dalam sambutannya di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bondowoso menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang komitmen memajukan sektor pertanian. Melihat hal ini, BULOG akan terus proaktif dalam mendukung sektor pertanian dengan aksi korporasi yang sudah dilakukan Perum BULOG.

“Kami akan terus optimalkan penyerapan hasil panen petani sehingga petani mendapatkan kepastian pasar, memproduksi beras berkualitas menggunakan mesin modern, menjaga stok beras di gudang-gudang, mendistribusikan beras kepada masyarakat dengan harga terjangkau serta mendukung program pangan baik yang diinisiasi oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah,” kata Febby.

Selanjutnya BULOG juga selalu siap mendukung dalam menggerakkan ekonomi skala kecil dan menengah salah satunya dengan mengembangkan Rumah Pangan Kita (RPK) yang saat ini sudah didigitalisasi melalui RPK Mobile. Melalui aplikasi RPK Mobile, sahabat RPK semakin dimudahkan dalam melakukan transaksi ke BULOG dan hanya tinggal klik diaplikasi saja, tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan order pembelian.

“UMKM binaan Pemda yang tersebar di berbagai kelurahan/desa kita jadikan sahabat RPK sebagai outlet penyediaan pangan di masyarakat dan BULOG siap untuk memasok kebutuhan produkproduknya,” tambah Febby.

Bupati Bondowoso Salwa Arifin menyambut baik bentuk kerja sama sinergitas antara Pemkab Bondowoso dengan Perum BULOG. Kesepakatan bersama ini katanya, adalah sebagai landasan para pihak untuk saling memberi dukungan serta kerja sama yang saling bermanfaat bagi masing-masing pihak.

“Hal ini merupakan bentuk nyata kepedulian pemerintah dan BUMN untuk memenuhi ketersediaan pangan dengan harga terjangkau karena penyediaan, distribusi, dan stabilitasi harga beras/produk pangan akan menjadi fokus dalam nota kesepahaman ini tanpa ada unsur kepentingan,” kata Salwa Arifin.

Kerjasama ini juga sudah dilaksanakan Perum BULOG dengan beberapa pemerintah daerah kabupaten, kota maupun provinsi dan targetnya bisa dilaksanakan di semua pemerintah daerah seluruh Indonesia dalam rangka menciptakan ekosistem pangan yang kondusif yang melahirkan program-program yang efektif dalam memenuhi aspek ketersediaan, pendistribusian dan stabilisasi harga pangan bagi masyarakat.

Reporter : Julian

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini