15 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Gunakan Dana Desa, Panen Raya Desa Sukamaju Diapresiasi Bupati Sinjai

Sinar Tani, Sinjai — Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) mengapresiasi panen raya yang digelar di di Desa Sukamaju, karena menggunakan APBD dana desan dan melibatkan Masyarakat setempat. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program ketahanan pangan dalam bentuk padat karya tunai yang digagas oleh Pemerintah Desa Sukamaju.

“Kami berharap dana desa untuk program ketahanan pangan dapat dimaksimalkan dengan baik sesuai dengan potensi dari desa masing-masing, seperti apa yang telah dilakukan oleh desa Sukamaju ini,” jelasnya.

Asa mengharapkan kepada Kepala Desa Sukamaju maupun Kepala Desa lainnya untuk bisa memanfaatkan dana desa sebaik-baiknya dengan melihat potensi yang bisa dikembangkan dan berdampak baik bagi kesejahteraan masyarakat.

Bupati ASA juga berharap agar penyuluh pertanian tetap melakukan pengawalan terhadap program-program yang dilaksanakan oleh masing-masing desa sehingga terintegrasi dengan program dari Pemkab Sinjai.

Sebelumnya, Kepala Desa Sukamaju Asrul Arkan mengatakan bahwa luas lahan pertanaman dari panen raya ini seluas 5 hektar yang merupakan lahan milik dua kelompok tani yang ada di dusun Banoa.

Dalam pelaksanaan mulai dari penggarapan, pertanaman, pemupukan hingga panen melibatkan tenaga kerja lokal yang dibiayai oleh dana desa.

“Dari hasil pengukuran yang dilakukan oleh Dinas TPHP Sinjai, Alhamdulillah hasil panen ini sangat memuaskan dengan produktivitas padi sebanyak 5-6 ton per hektar,” ucapnya.

Hasil dari panen ini, 40 persen akan diserahkan kepada pemilik lahan sedangkan 60 persen untuk Pemerintah desa yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat kurang mampu yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Reporter : Suriady

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini