15 Juni 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Manfaatkan Tol Laut, Bulog Kirim Beras antar Wilayah

Pengiriman perdana beras melalui tol laut | Sumber Foto:Humas Bulog

Sinar Tani, Subang—Guna percepatan distribusi dan pemerataan stok cadangan beras pemerintah, Perum BULOG berkolaborasi dengan National Food Agency (NFA) dan Kementerian Perhubungan dalam pemanfaataan tol laut. Hal ini ditandai dengan pengiriman perdana beras ke Provinsi Aceh melalui Pelabuhan Patimban di Subang – Jawa Barat,  Selasa (18/10).

Dalam acara yang dihadiri Kepala NFA Arief Prasetyo Adi, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Capt. Hendri Ginting, Direktur Supply Chain Pelayanan Publik Perum BULOG Mokhamad Suyamto dan beberapa pihak terkait ini diberangkatkan 10 kontainer beras dengan muatan 200 ton.

Usai pelepasan, Arief Prasetyo Adi mengatakan, pengiriman pangan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk memastikan efektifitas dan efisiensi pendistribusian pangan guna menurunkan inflasi nasional dan akan terus dilakukan secara rutin guna menjaga ketersediaan dan stabilitas pangan di seluruh Indonesia, khususnya di daerah-daerah perbatasan dan terluar.

Beras yang dikirimkan tersebut merupakan bagian dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) BULOG yang dipenuhi dari gudang Bulog Cabang Cirebon dan Gudang Bulog Cabang Indramayu, masing-masing sebanyak 100 ton. “Ini merupakan bagian dari optimalisasi dan pemanfaatan CBP guna menjaga stabilisasi harga antar waktu antar wilayah, menekan inflasi, dan menjaga kualitas gizi masyarakat,” kata Arief.

Sementara itu, Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum BULOG Mokhamad Suyamto mengatakan, BULOG mengapresiasi kolaborasi pemanfaatan tol laut ini guna penyebaran dan pemerataan stok beras sehingga aspek ketersediaan pangan di seluruh Indonesia bisa terpenuhi.

“Kami sangat mendukung penuh terobosan kerjasama ini dalam rangka percepatan penyebaran stok beras BULOG untuk kebutuhan di semua daerah bisa terpenuhi sehingga stabilitas harga beras bisa dijaga,” katanya.

Selanjutnya Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub, Hendri Ginting mengatakan, pentingnya kolaborasi dan sinergi antar instansi dan lembaga dalam menyukseskan pendistribusian logistik melalui penyelenggaraan konektivitas Tol Laut.

Baca Juga :   Petani Cilacap Panen Jagung Hibrida Varietas Juara NK 7202

“Kementerian Perhubungan bersama NFA dan juga Perum Bulog serta Pemprov Jawa Barat memastikan stabilisasi pasokan pangan serta membangun ekosistem pangan terintegrasi dari hulu ke hilir. Seperti yang terlaksana dengan baik di Pelabuhan Patimban ini,” ujarnya.

Reporter : Julian

Sumber : Humas Perum Bulog

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini