21 Februari 2024

Sinar Tani

Media Pertanian Terkini

Cari Hewan Qurban Sehat dan Bermutu? Datangi BHQ Bogor 2023

Cari Hewan Qurban Sehat dan Bermutu? Datangi BHQ Bogor 2023

Ket. Pelabelan Tag SEHAT dari Hewan Qurban yang dijual di BHQ 2023 (Foto/Nattasya)

TABLOIDSINARTANI.CO.ID, Bogor — Kementerian Pertanian melalui
Pusat Standarisasi Instrumen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) kembali menggelar Bursa Hewan Qurban (BHQ) untuk Warga Bogor dan Jadetabek. Disini Anda bisa mencari hewan kurban yang sehat dan bermutu karena diawasi langsung oleh Dokter Hewan.

“Bursa Hewan Qurban kita lakukan untuk memfasilitasi masyarakat yang mencari hewan Qurban yang memenuhi syariat Islam, Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH), ” sebut Kepala Pusat Standarisasi Instrumen Peternakan dan Kesehatan Hewan (BSIP-PKH), drh. Agus Susanto ketika membuka BHQ ke 21, Sabtu (24/06).

drh. Agus menambahkan, permasalahan kesehatan hewan ternak khususnya sapi, domba dan kambing sekarang ini menjadi perhatian serius seiring dengan sempat merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku yang melanda Indonesia tahun lalu.

“Masyarakat dipersilahkan untuk datang sendiri dan memilih hewan Qurban di BHQ ini karena kesehatan hewan ternaknya sudah dijamin oleh Kementerian Pertanian bersama Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jabar II. Bursa ini dimulai hari ini hingga 29 Juni 2023 mendatang, ” jelasnya.

Kurang lebih ada 12 Peternak Sapi, Domba dan Kambing yang ada di BHQ 2023 kali ini, dengan jumlah hewan Qurban 200-300 ekor dan harganya pun cukup bersaing namun kesehatan ternak yang terjamin.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Chusnul Rozaki mengatakan kebutuhan hewan Qurban di Kota Bogor memang cukup tinggi yakni sekitar 5000 an ekor untuk Idul Adha tahun ini.

“Rekomendasi untuk hewan qurban ini kita keluarkan sampai 20 ribuan. Sehingga kebutuhan tak hanya untuk Kota Bogor saja tetapi juga Jabodetabek,” tuturnya.

Tak hanya lalu lintas ternak untuk kebutuhan Qurban, DKPP Kota Bogor juga memantau dan mengawasi kondisi hewan ternak yang akan disembelih mulai dari peternaknya hingga diperjualbelikan.

Baca Juga :   Lebah Desa Bendono, Digembala Ke Berbagai Daerah

“Di BHQ ini, pembeli bisa lihat sendiri, hewan ternak sudah dilabeli tag SEHAT agar pembeli tidak perlu risau lagi dengan kondisi hewan ternak yang dijual. Model ini semoga bisa menjadi contoh lapak hewan kurban lain yang akan diatur Pemkot Bogor, ” jelasnya.

Untuk diketahui, Bursa Hewan Qurban seperti BSIP-PKH diakui Kadis Chusnul ada sekitar 16 titik lainnya yang terpusat. “Paling besar memang di BHQ BSIP-PKH,” tambahnya.

Diawasi Dokter Hewan

Salah satu pedagang hewan ternak yang sekaligus Peternakan Domba Kambing dari kawasan Cibedug, Bogor, Solihin mengaku telah menjadi pedagang tetap di BHQ sejak awal diluncurkan.

“Saya sudah ikut jualan di BHQ ini sejak awal, tahun 2000. Dan disini tuh diperhatikan betul soal kesehatan hewan yang akan dijual,” ungkapnya kepada awak media.

Pemilik Solihin Farm ini menuturkan sebagai pelaku peternak, dirinya hanya melihat tampilan luar dari hewan ternak yang dijualnya sehat, tetapi di BHQ, kesehatan hewan ternak langsung diperiksa dan diawasi oleh Dokter Hewan yang memang ditugaskan.

“Sekarang jadi saya ngerti kesehatan hewan ternak yang saya jual. Kalau jual hewan ternak yang sakit terus dipotong, kita juga yang jualnya gak baik,” tuturnya.

Setelah ikut di BHQ ini, dirinya mengaku banyak konsumen yang merasa puas dengan jaminan mutu hewan ternak yang dijual pedagang setempat. “Kalau ada yang lebih baik, lebih terjamin. Kenapa harus dagang dan beli hewan ternak di pinggir jalan,” jelasnya.

tidak boleh di copy ya

error

suka dengan artikel ini