Sinar Tani, Jakarta — Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) Baturraden kembali mencetak prestasi gemilang. BBPTU-HPT Baturraden berhasil masuk dalam daftar 10 terbaik Kategori Kementerian dengan predikat Pelayanan Prima, sebuah penghargaan bergengsi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).
Penghargaan ini diterima langsung oleh Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Ali Jamil, dalam acara Gebyar Pelayanan Prima yang digelar di Jakarta pada 8 Oktober.
Acara ini mengusung tema “Wujudkan Ekosistem Pelayanan Publik Transformatif, Inovatif, dan Inklusif” dan menjadi ajang apresiasi bagi instansi pemerintah yang berhasil meningkatkan pelayanan publik, terutama dalam mendukung keberhasilan Reformasi Birokrasi Berdampak.
BBPTU-HPT Baturraden dipilih sebagai Lokus Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) oleh Kementerian PANRB, sebagai pengakuan atas inovasi dan kualitas pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat.
Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, dalam sambutannya, menekankan pentingnya sinergi antarinstansi pemerintah untuk meningkatkan layanan publik. “Kita perlu memastikan reformasi birokrasi yang berdampak nyata sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah,” ujarnya.
Dalam acara tersebut, Kementerian PANRB memberikan berbagai penghargaan, termasuk untuk 10 instansi yang dinilai berhasil dalam Pembinaan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan, serta penghargaan untuk pemantauan dan evaluasi kinerja pelayanan publik.
Sebelumnya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman telah menegaskan pentingnya pelayanan maksimal dari seluruh jajarannya, khususnya dalam mendukung pihak-pihak yang membantu meningkatkan produktivitas.
“Jika ada pegawai kami yang tidak serius dalam bekerja, laporkan secara tertutup, dan kami akan menindak tegas. Kami juga menyediakan ruang pelayanan khusus untuk tamu,” tegasnya dalam sebuah rapat di Jakarta.
Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Agung Suganda, turut memberikan apresiasi atas pencapaian BBPTU-HPT Baturraden. “Penghargaan ini adalah bukti komitmen kami dalam memberikan pelayanan berkualitas kepada masyarakat,” katanya.
Agung juga menekankan pentingnya inovasi berkelanjutan dalam menghadapi tantangan di sektor peternakan. “Kami berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Ditjen PKH untuk terus meningkatkan pelayanan publik,” tambahnya.
Sebagai informasi, Indeks Pelayanan Publik Nasional 2023 mencatat skor 3,78 dari skala 5, yang dikategorikan “baik.” Sementara itu, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Nasional berada di angka 3,53 dari skala 4.
Pencapaian BBPTU-HPT Baturraden menjadi bukti bahwa reformasi dan inovasi dalam pelayanan publik telah memberikan dampak positif. Diharapkan, ini dapat menjadi inspirasi bagi instansi pemerintah lainnya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan demi mencapai standar prima.
Baca juga
Vaksinasi PMK Radius 3 Kilometer, Feedloter Dukung Lampung Zona Hijau
Lawan PMK, ini Tantangan Lapangan yang Dihadapi Jawa Tengah
Lindungi Ternak, Jawa Tengah Distribusi 40.000 Dosis Vaksin PMK